0%
logo header
Selasa, 21 Desember 2021 22:29

Kejar Target 70 Persen, Andi Sudirman Tinjau Vaksinasi di Alun-alun Kota Pangkajene

Arnas Amdas
Editor : Arnas Amdas
Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, meninjau vaksinasi di Lapangan Citra Mas Alun-alun Kota Pangkep, Selasa (21/12/2021).
Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, meninjau vaksinasi di Lapangan Citra Mas Alun-alun Kota Pangkep, Selasa (21/12/2021).

REPUBLIKNEWS.CO.ID, PANGKEP — Berdasarkan data Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) hingga 20 Desember 2021 capaian vaksinasi di Sulsel untuk dosis pertama telah mencapai 60,55 persen atau sebanyak 4.273.651 orang dari target 7.058.141 sasaran.

Adapun hingga akhir Desember 2021 Pemprov Sulsel menargetkan warga yang sudah divaksin sebanyak 70 persen. Untuk itu Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman mengerahkan berbagai unsur pendukung agar sasaran ini dapat tercapai dan ia juga terjun langsung memantau di daerah, terutama yang masih rendah capaian vaksinnya.

“Alhamdulillah kita Sulsel sudah 60,55 persen. Kita masih ada waktu ke depan sekitar 10 hari sampai tanggal 31 Desember 2021. Palijg tidak kita target 70 persen di akhir tahun,” kata Andi Sudirman Sulaiman, usai melakukan peninjauan vaksinasi di Lapangan Citra Mas Alun-alun Kota Pangkep, Selasa (21/12/2021).

Baca Juga : Respon Bencana Angin Puting Beliung di Maros, Gubernur Andi Sudirman Serahkan Bantuan Rp 800 Juta

Adapun capaian vaksinasi di Pangkep 52,69 persen. Angka ini menempatkan Pangkep posisi ke-7 terendah capaian vaksinnya.

Andi Sudirman menyampaikan, percepatan vaksinasi di Sulsel dilakukan dengan menambah tenaga kesehatan dari Pemprov dan juga kampus-kampus. Harapannya, pada akhirnya kita mengirimkan lebih banyak nakes untuk akselarasi.

“Kemarin kita tambah nakes dari Provinsi bersama kampus-kampus, itu sekitar 200 orang dan kita menunggu hari ini akan dikirim lagi dari Unismuh dan UIN,” sebutnya.

Baca Juga : Dapat Sumbangan Sapi dari Warga Soppeng, Gubernur Sulsel Jadikan Hewan Qurban Untuk Fakir Miskin

Upaya menurunkan nakes dari Provinsi ke daerah untuk membantu dinilai efektif dan membantu meningkatkan jumlah capaian vaksinasi.

“Saya rasa juga semangat teman-teman bupati semangat mengenjot vaksin, karena ini permintaan Bapak Presiden, yakin saya (target 70 persen) Insya Allah, doakan,” ucapnya.

Bukan hanya itu, salah satu cara dilakukan pemerintah untuk menarik minat warga agar mau divaksin. Salah satunya adalah menyiapkan doorprize. Ada banyak ratusan hadiah yang disiapkan untuk warga Sulsel yang mau divaksin. Hadiahnya yang disiapkan 1 unit mobil, 30 motor, 300 sepeda dan 300 HP dan direncanakan hadiah akan diundi Presiden Jokowi yang diagendakan datang dalam waktu dekat. Hadiah hanya berlaku bagi warga yang divaksin mulai tanggal 21 sampai 28 Desember 2021.

Baca Juga : Andi Sudirman Lepas Peserta Sulsel Anti Mager Gerakan 10.000 Langkah Per Hari

Salah seorang warga yang divaksin Muhammad Imran, warga Pangkep ini menceritakan, awalnya enggan divaksin namun kemudian bersedia karena adanya ajakan. Ia semula khawatir akan ada efek yang tidak diinginkan setelah divaksin seperti yang sering diceritakan kepada dirinya, setelah divaksin ia mengaku tak merasakan apa-apa.

“Awalnya saya takut disuntik vaksin karena orang bilang macam-macamlah, tapi istri terus membujuk saya untuk segera divaksinasi,” kata Imran yang berhasil mendapatkan hadiah doorprize yaitu kulkas di acara tersebut. (*)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646