KKN Unhas Gelombang 106 Sasar Kecamatan Rappocini, Fokus Edukasi Warga Soal Covid-19

  • Bagikan
Mahasiswa peserta KKN Tematik Unhas gelombang 106 diterima pihak Kecamatan Rappocini, Makassar, Jumat (02/07/2021).

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MAKASSAR – Mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Hasanuddin (Unhas) gelombang 106 tahun 2021 resmi diterima di Kecamatan Rappocini, Kota Makassar, Jumat (02/07/2021). Penerimaan secara seremonial digelar di Aula Kantor Camat Rappocini.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua Master Covid-19 Kecamatan Rappocini, Danramil, Dosen Pendamping KKN, pihak perwakilan Kecamatan Rappocini, serta perwakilan mahasiswa KKN Tematik Unhas gelombang 106 Kelompok Rappocini.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Master Covid-19 Kecamatan Rappocini menegaskan kesiapannya untuk mendampingi seluruh kegiatan KKN Tematik Unhas gelombang 106 Kelompok Rappocini. Tujuannya agar kegiatan tersebut dapat berjalan sesuai dengan peraturan protokol kesehatan yang berlaku guna membantu memutus rantai penyebaran Covid-19.

Sementara itu, dalam sambutannya perwakilan Dosen Pembimbing KKN Kecamatan Rappocini, Dr Anas Iswanto Anwar menyampaikan harapannya agar pemerintah kecamatan dan segenap pemerintah kelurahan di Kecamatan Rappocini dapat menerima kehadiran para peserta KKN Unhas yang berjumlah 200-an orang lebih tersebut dengan baik.

“Walaupun aktivitas peserta KKN diharapkan dominan secara daring tapi sinergitas antara pemerintah dan peserta KKN harus tetap berjalan secara positif. Saya juga mengingatkan kepada semua peserta KKN agar menjadi contoh di masyarakat, terutama terkait penerapan protokol kesehatan dalam beraktivitas,” imbaunya.

Salah satu Dosen Pendamping KKN (DPK) Kecamatan Rappocini, Andi Lukman Irwan menjelaskan bahwa kegiatan KKN yang dilakukan selama masa pandemi Covid-19 ini dominan dilaksanakan dalam bentuk kegiatan daring atau online. Hal ini bertujuan untuk mendukung dan menyukseskan kegiatan Pemerintah Kota Makassar, khususnya program Makassar Recover.

“Kegiatan KKN yang dilakukan oleh peserta berbasis domisili di wilayah masing-masing. Kita fokuskan untuk memberi edukasi kepada masyarakat setempat untuk selalu taat dalam mematuhi protokol kesehatan serta memberikan pendampingan khususnya kepada kelompok-kelompok usaha agar bisa bangkit di masa pandemi ini,” kata Andi Lukman Irwan.

Selain itu, katanya, mahasiswa peserta KKN juga ditugaskan untuk membantu pemerintah di tingkat kecamatan dan kelurahan untuk mengedukasi dan menyosialisasikan terkait bahaya Covid-19. Dengan demikian, pihaknya berharap masyarakat bisa lebih waspada dan taat pada protokol kesehatan sesuai dengan imbauan Pemerintah Kota Makassar.

“Kegiatan KKN Tematik Unhas gelombang 106 Kelompok Rappocini ini diharapkan mampu membawa dampak positif pada masyarakat Rappocini serta membantu dalam pengimplementasian program Makassar Recover yang tentunya harus sesuai dengan protokol kesehatan,” demikian Andi Lukman Irwan.

Mahasiswa KKN Tematik Unhas gelombang 106 Kelompok Rappocini sendiri terbagi atas tujuh kelompok yang masing-masing akan berkegiatan sesuai dengan pembagian kelurahan masing-masing. Program KKN Tematik Unhas gelombang 106 akan dilaksanakan dengan sistem hybrid, yaitu memadukan sistem luring dan daring.

Adapun bentuk program kerja mereka meliputi empat kelompok, masing-masing Program Kerja Mitra KKN, Program Kerja Berbasis Kompetensi Mahasiswa, Program Kerja Berbasis Kompetensi Peserta KKN, serta Program Kerja Donor Darah yang akan berkerja sama dengan PMI dimana peserta KKN akan menjadi fasilitator.

  • Bagikan