0%
logo header
Sabtu, 04 Mei 2024 23:57

Kolaborasi dengan Kodim 1410 Bantaeng, Huadi Group Lakukan Penanaman Pohon Serentak

Rizal
Editor : Rizal
Kodim 1410 Bantaeng dan Huadi Group menggelar kegiatan penanaman pohon di Tala-Tala, Kelurahan Bonto Rita, Kecamatan Bissappu, Kabupaten Bantaeng, Sabtu (4/5/2024). (Foto: Istimewa)
Kodim 1410 Bantaeng dan Huadi Group menggelar kegiatan penanaman pohon di Tala-Tala, Kelurahan Bonto Rita, Kecamatan Bissappu, Kabupaten Bantaeng, Sabtu (4/5/2024). (Foto: Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, BANTAENG – Kodim 1410 Bantaeng menggelar kegiatan penanaman pohon di Tala-Tala, Kelurahan Bonto Rita, Kecamatan Bissappu, Kabupaten Bantaeng, Sabtu (4/5/2024).

Penanaman pohon tersebut dilakukan untuk menjalankan arahan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Maruli Simanjuntak yang diteruskan ke Kodam XIV Hasanuddin agar dilaksanakan oleh seluruh jajarannya.

Dalam program penanaman pohon itu, Kodim 1410 Bantaeng menggandeng seluruh stakeholder, baik dari unsur pemerintahan, Huadi Group maupun masyarakat.

Baca Juga : Hari Pertama, 15 Cakada Uji Kelayakan di Demokrat Sulsel

Pj Bupati Bantaeng, Andi Abubakar menuturkan bahwa pelestarian lingkungan memang harus dilakukan sedini mungkin di tengah situasi perubahan iklim global saat ini.

Di Sulsel sendiri, kata Abubakar, saat ini terjadi curah hujan yang cukup tinggi. Bahkan berdampak pada bencana alam yang terjadi belakangan ini.

“Dengan demikian, diperlukan kesamaan pola tindak dan pola pikir seluruh elemen pemerintahan dan masyarakat untuk bahu-membahu mencegah dan mengantisipasi bencana alam,” kata Andi Abubakar.

Baca Juga : DM dan Syahar Ngopi Bareng di Gowa, Jajaki Tambahan Koalisi di Pilkada 2024

Pada 2023 ini, katanya, tercatat global warming mencapai 1,48 persen. Sementara batas toleransi yaitu 1,5 persen atau kurang 0,2 persen sudah mencapai batas toleran peningkatan suhu bumi.

“Kalau ini kita tidak cegah dengan pelestarian alam dengan melakukan penanaman, maka akan berdampak parah. Laut akan semakin tinggi dan daratan akan semakin rendah. Dan juga alam akan semakin panas,” ujarnya.

Dia juga menegaskan bahwa saat ini, pemerintah daerah Bantaeng juga telah mengeluarkan surat edaran untuk melakukan pelestarian dan pembersihan alam.

Baca Juga : Syaharuddin Alrif Janji Kawal Polemik Seleksi KPID Sulsel Hingga Tuntas

Sementara itu, Community Development HBIP, Andi Dwi Fitra Kusuma memastikan bahwa Huadi Group siap berkolaborasi dengan seluruh elemen untuk bersama-sama melakukan kegiatan yang bersifat positif.

Huadi Group, kata Dwi, sangat mengapresiasi kegiatan penanaman pohon yang diselenggarakan oleh jajaran Korem 141 Toddopuli dan Kodim 1410 Bantaeng ini.

Sebab hal tersebut, katanya merupakan upaya untuk mencegah terjadinya bencana alam, khususnya di wilayah Kabupaten Bantaeng. Selain itu juga untuk menciptakan lingkungan yang hijau dan asri.

Baca Juga : Gelar Aksi di DPRD Sulsel, KJPP Tolak RUU Penyiaran dan Minta Seleksi KPID Sulsel Diulang

“Kegiatan penghijauan atau penanaman bibit pohon ini sebagai wujud kepedulian bersama terhadap kelestarian lingkungan. Pohon yang sudah ditanam sekarang, suatu saat nanti kalau sudah besar dan berbuah dapat membawa banyak manfaat,” demikian Dwi. (*)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi.republiknews1@gmail.com atau Whatsapp +62 813-455-28646