0%
logo header
Kamis, 06 Juni 2024 16:28

Kolaborasi dengan RSUD Bantaeng, Klinik Huadi Group Gelar Kegiatan Donor Darah

Rizal
Editor : Rizal
Berkolaborasi dengan RSUD Bantaeng, klinik Huadi Group menggelar kegiatan donor darah, Rabu (5/6/2024). (Foto: Istimewa)
Berkolaborasi dengan RSUD Bantaeng, klinik Huadi Group menggelar kegiatan donor darah, Rabu (5/6/2024). (Foto: Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, BANTAENG – Karyawan PT Huadi Nickel Alloy Indonesia, PT Hengsheng New Energy Material Indonesia dan PT Unity Nickel Alloy Indonesia atau Huadi Group antusias mengikuti kegiatan donor darah yang digelar Klinik Huadi Group dan Unit Transfusi Darah Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Bantaeng, Rabu (5/6/2024).

Kepala Klinik Huadi Group, dr Eka mengaku puluhan karyawan Huadi Group nampak antusias mengikuti pemeriksaan kesehatan dan donor darah yang digelar di Lantai 2 Ruang Perawatan Klinik PT Huadi Nickel Alloy Indonesia tersebut.

“Manfaat untuk pendonor darah sangat banyak, seperti meningkatkan kesehatan jantung. Donor darah secara teratur juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Manfaat lainnya adalah deteksi dini penyakit, regenerasi sel darah. Manfaat untuk penerima darah, utamanya menyelamatkan nyawa,” jelas dr Eka.

Baca Juga : KPU Sulsel Gagas KKN Tematik bersama Unhas

Menurutnya, kegiatan donor bukanlah hal yang menakutkan. Meskipun ada efek samping yang bisa dirasakan sebagian orang setelah mendonorkan darahnya, misalnya pusing, kesemutan, nyeri di lengan bekas suntik, mual, dan mata berkunang-kunang.

Namun katanya, efek samping tersebut termasuk hal wajar dan tidak mesti menimbulkan rasa takut. Sebab menurutnya, apabila kita melakukan donor darah sesuai anjuran, yakni maksimal 5 kali dalam 2 tahun, akan membawa manfaat yang besar bagi kesehatan tubuh pendonor.

Bahkan lanjut dr Eka, manfaat donor darah rutin wajib diketahui adalah kemampuannya membuat aliran darah menjadi lebih lancar dan membuat produksi sel darah merah lebih meningkat.

Baca Juga : Ketua DPRD Sulsel Fasilitasi Petani Milenial Barru Diskusi Penerapan Smart Farming

Kemudian, mendonorkan darah bisa membuat sumsum tulang belakang menghasilkan sel darah merah baru untuk menggantikan darah yang hilang dan tubuh juga akan lebih cepat menghasilkan darah baru.

“Kegiatan penggalangan donor darah ini Insyaallah akan rutin dilaksanakan di Huadi Group. Disampaikan juga bahwa donor darah memiliki manfaat besar, baik bagi pendonor maupun penerima darah,” tutupnya. (*)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi.republiknews1@gmail.com atau Whatsapp +62 813-455-28646