REPUBLIKNEWS.CO.ID, MAKASSAR — Sebagai komitmen dalam memberikan pengalaman digital yang mengesankan, termasuk kualitas jaringan telekomunikasi yang andal. Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat) mencatat adanya pertumbuhan jumlah pelanggan setiap tahunnya.
“Indosat mencatat hingga kuartal pertama 2025 total pelanggan kita mencapai 95,4 juta atau bertambah 700 ribu dibandingkan kuartal sebelumnya,” kata Director & Chief Business Officer Indosat Ooredoo Hutchison Muhammad Buldansyah, dalam Indosat Update Q1 2025, secara virtual, Rabu, (30/04/2025).
Menurutnya, adanya peningkatan berkelanjutan dalam jumlah pelanggan menjadi bukti ketangguhan Indosat dalam menghadapi dinamika pasar.
Baca Juga : Wagub Sulsel Dampingi Kapolri Tinjau SPPG, Inovasi Polri Dukung Gizi Anak Sekolah
Sebelumnya, President Director and Chief Executive Officer of Indosat Ooredoo Hutchison Vikram Sinha mengungkapkan, untuk capaian pendapatan perusahaan selama kuartal pertama 2025 terlihat stabil sebesar Rp13.577,9 miliar, dengan EBITDA sebesar Rp6.415,1 miliar atau tumbuh 0,6 persen secara kuartalan (QoQ). Apalagi didukung oleh fokus berkelanjutan perusahaan terhadap disiplin biaya dan eksekusi yang efisien.
Capaian ini tentunya mencerminkan konsistensi dalam eksekusi strategi, serta komitmen berkelanjutan perusahaan dalam mendukung transformasi digital dan pengembangan Artificial Intelligence (AI) di Indonesia.
“Kemudian pada perolehan laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk meningkat sebesar 27 persen secara kuartalan menjadi Rp1.311,1 miliar. Ini pun menandai kinerja laba positif selama 17 kuartal berturut-turut,” terangnya.
Baca Juga : Transformasi SheHacks, Upaya Indosat Libatkan Perempuan dalam Kemajuan Ekosistem Digital
Lanjutnya, pada kuartal pertama 2025, pertumbuhan ARPU yang positif dengan capaian Rp40 ribu atau tumbuh sebesar 4,6 secara tahunan (yoy). Pencapaian ini semakin memperkuat komitmen Indosat dalam menciptakan nilai jangka panjang di tengah persaingan industri yang kian intensif.
“Capaian kuartal ini tidak hanya mencerminkan kinerja keuangan yang solid, tetapi juga dedikasi tanpa henti dari seluruh tim kami dalam melayani masyarakat Indonesia. Di tengah lanskap yang semakin kompetitif, kami tetap teguh pada tujuan besar kami dalam memberdayakan Indonesia,” ujar Vikram.
Vikram menambahkan, dalam membangun fondasi bagi Indonesia yang berbasis digital dan AI, Indosat tengah mempersiapkan masa depan digital Indonesia dengan memperluas infrastruktur jaringan ke seluruh penjuru negeri, terutama dengan jaringan berkapasitas tinggi yang siap mendukung teknologi AI.
Baca Juga : Kanwil Kemenkum Sulsel dan UMI Perkuat Sinergi Kembangkan Kekayaan Intelektual
Melalui investasi berkelanjutan di jaringan 4G dan persiapan menuju 5G, Indosat membuka akses digital yang lebih luas, cepat, dan andal, terutama di daerah yang masih kurang terlayani. Infrastruktur ini bukan hanya krusial untuk konektivitas, tetapi juga mendukung teknologi-teknologi yang akan mendorong transformasi Indonesia berikutnya: AI, IoT, cloud computing, dan platform digital.
Selama kuartal ini, perusahaan mengalokasikan belanja modal (Capex) sebesar Rp2.620,4 miliar, dengan 90,4 persen diantaranya dialokasikan pada pengembangan bisnis seluler.