0%
logo header
Minggu, 07 Agustus 2022 10:56

Kuasa Hukum Bharada E: Tersangka Siap Ajukan Diri Sebagai Justice Collaborator

Mulyadi Ma'ruf
Editor : Mulyadi Ma'ruf
Pengacara baru Bharada E, Deolipa Yumara mengungkapkan kliennya Bharada E siap mengungkap pelaku utama pembunuhan Brigadir J. (Foto: Istimewa)
Pengacara baru Bharada E, Deolipa Yumara mengungkapkan kliennya Bharada E siap mengungkap pelaku utama pembunuhan Brigadir J. (Foto: Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, JAKARTA – Bharada E yang merupakan tersangka kasus meninggalnya Brigadir J siap mengajukan diri sebagai justice collaborator (JC). Dirinya pun telah mengajukan perlindungan ke LPSK.

Justice collabarator didukung peraturan bersama yang ditandatangani Menkumham, Jaksa Agung, Kapolri, KPK dan Ketua LSPK tentang perlindungan bagi pelapor, whistle blower, dan justice collabarator.

Alasan Deolipa mengajukan Bharada E sebagai JC karena untuk kepentingan Bharada E sendiri.

Baca Juga : Akui Salah dan Minta Maaf, Ferdy Sambo Minta Polri Tak Sanksi Anggota Polisi Lain

Kuasa hukum Bharada E, Deolipa Yumara menerangkan, pengajuan itu dilakukan untuk mengungkap kasus penembakan Brigadir J di rumah dinas mantan Kadiv Propam Irjen Pol Ferdy Sambo.

“Tentu kita dalam kaca mata konteks hukum ini penting untuk dilindungi sebagai saksi kunci meski tersangka,” ujar Deolipa kepada wartawan di Gedung Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Minggu (7/8/2022).

“Sehingga kami bersepakat ya sudah kita ajukan diri yang bersangkutan sebagai justice collaborator dan kita meminta perlindungan hukum ke LPSK,” jelasnya. 

Baca Juga : Sidang Perdana, Ferdy Sambo Tak Akui Tembak Brigadir J

Di kesempatan yang sama, Deolipa juga sekaligus menekankan soal penunjukan dirinya beserta tim sebagai kuasa hukum baru yang akan mendampingi Bharada E dalam kasus ini.

“Kami malam hari ini ditunjuk sebagai kuasa hukum yang baru dari saudara Richard Eliezer atau Bharada E. Status yang bersangkutan yaitu tersangka oleh karena sebelumnya pengacara dahulu mengundurkan diri,” sambungnya.

Menurut Deolipa, dirinya sebagai kuasa hukum baru juga sudah bertemu kliennya Bharada E. Lebih jauh, ia mengatakan bahwa kondisi Bharada E dalam keadaan sehat.

Penulis : Wahyu Widodo
Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646