0%
logo header
Sabtu, 29 Juni 2024 13:12

Kukar Gelar JUMBARA ke-III PMR 2024, Sekda Sunggono: Wadah Silaturahmi dan Penerapan Manajemen PMR

M. Imran Syam
Editor : M. Imran Syam
Sekda Kukar, Sunggono, berfoto bersama peserta JUMBARA. (Istimewa)
Sekda Kukar, Sunggono, berfoto bersama peserta JUMBARA. (Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, KUTAI KARTANEGARA — Sekretaris Daerah (Sekda) Kutai Kartanegara (Kukar) Sunggono memimpin Upacara Pembukaan Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) ke-III Palang Merah Remaja (PMR) Kukar Tahun 2024 di Stadion Rondong Demang Tenggarong, Sabtu (29/06/2024).

Jumbara yang diikuti 20 kecamatan se-Kabupaten Kutai Kartanegara ini mengangkat tema “CERDAS, CERIA, BERKARAKTER”. Sunggono berharap Jumbara ini dapat melahirkan generasi milenial berjiwa wirausaha yang terampil dan berkarakter.

“Pengembangan SDM relawan melalui berbagai pelatihan dan bimtek dapat meningkatkan kompetensi PMR serta relawan untuk memiliki standar kompetensi sesuai dengan kebutuhan di lapangan,” ujar Sunggono.

Baca Juga : Bupati Kukar Buka MTQ Antar OPD, ASN Jadi Pelopor Gerakan Mengaji

Sunggono menjelaskan bahwa hal tersebut menjadi bagian dari komitmen visi misi KUKAR IDAMAN dalam meningkatkan pembangunan Sumber Daya Manusia yang berakhlak mulia, unggul dan berbudaya.

“Peningkatan sarana prasarana kerelawanan merupakan hal penting agar Relawan mampu memberikan pertolongan dan pelayanan terbaik yang cepat bagi masyarakat,” imbuhnya.

Selain itu, Sunggono juga mendorong pengembangan kewirausahaan PMR dan Relawan. Ia yakin para PMR dan Relawan yang didominasi generasi muda milenial memiliki jiwa kemanusiaan dan jiwa entrepreneurship.

Baca Juga : Kukar Jadi Tujuan Kunjungan Peserta Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat Dua

“Kedepannya, mereka dapat mengembangkan usaha di sektor pertanian, perikanan dan UMKM,” harapnya.

Di akhir sambutannya, Sunggono mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi dan memberikan dukungan dalam rangkaian kegiatan Jumbara ini.

Jumbara dikemas dengan berbagai kegiatan, yang menekankan pada evaluasi bersama yang dikaitkan dengan proses pembinaan PMR sesuai dengan tugas peran dan fungsi masing-masing komponen (Pembina PMR dan Anggota PMR).

Baca Juga : Bupati Kukar Resmikan Jembatan Desa Sedulang, Muluskan Akses Masyarakat dan Tingkatkan Kesejahteraan

Sunggono berharap Jumbara ini bisa menjadi wadah silahturahmi dan miniatur dari penerapan manajemen Palang Merah Remaja mulai dari proses perekrutan, pelatihan, Tri Bakti PMR, pemantauan dan evaluasi.

Jumbara PMR III Tahun 2024 ini direncanakan dan diselenggarakan oleh Panitia Pelaksana yang terdiri dari kolaborasi Korps Sukarela (KSR) dan Forum Remaja Palang Merah Indonesia (FORPIS). Hal ini menunjukkan bahwa anak-anak muda Kutai Kartanegara telah mampu menyelenggarakan event kegiatan sebesar dan mungkin terbesar di tingkat Provinsi Kalimantan Timur.

Jumbara PMR III Kukar 2024 diharapkan menjadi wadah lahirnya generasi milenial tangguh, berkarakter, dan berjiwa wirausaha yang siap berkontribusi bagi kemanusiaan. (ADV/Prokom Kukar)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646