0%
logo header
Minggu, 28 Januari 2024 22:11

Kwarcab Gowa Kantongi Tergiat Pertama Dalam Kegiatan Kepramukaan

Chaerani
Editor : Chaerani
Bupati Gowa yang juga Ketua Kwarcab Gowa Adnan Purichta Ichsan saat menerima penghargaan. (Dok. Humas Gowa)
Bupati Gowa yang juga Ketua Kwarcab Gowa Adnan Purichta Ichsan saat menerima penghargaan. (Dok. Humas Gowa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, GOWA — Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kabupaten Gowa berhasil meraih terbaik pertama sebagai Kwarcab Tergiat dalam penyelenggaraan kegiatan kepramukaan di Sulawesi Selatan.

Keberhasilan tersebut diraih di sela-sela Musyawarah Daerah (Musda) IX Gerakan Pramuka Sulawesi Selatan Tahun 2024, di Hotel Novotel Makassar.

Bupati Gowa selaku Ketua Kwarcab Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengaku sangat mengapresiasi jajaran Kwarda yang memberikan penghargaan ini. Melalui penghargaan tersebut akan menjadi motivasi bagi seluruh Kwarcab untuk aktif melaksanakan kegiatan, khusunya dalam membina karakter para pemuda yang ada.

Baca Juga : Ketua DPRD Sulsel Ikut Sambut Kedatangan Presiden Joko Widodo di Makassar

“Tentu kami sangat bangga atas capaian ini, karena selama ini Kwarcab Gowa aktif melaksanakan kegiatan,” katanya dalam kegiatan, kemarin.

Lanjutnya, terlebih Pramuka merupakan salah satu organisasi pembinaan karakter yang nantinya sangat berdampak baik terhadap peningkatan SDM di Kabupaten Gowa.

Adnan mengungkapkan, salah satu cara yang dilakukan untuk selalu mengaktifkan kegiatan Pramuka di Kabupaten Gowa yakni dilakukannya revitalisasi Bumi Perkemahan Cadika sebagai miniatur Buper Cibubur. Dimana nantinya tempat tersebut mampu menjadi pusat kegiatan pramuka di Sulawesi Selatan, bahkan diluar Sulsel.

Baca Juga : AHY Resmi Dilantik Jadi Menteri ATR/BPN, Ketua Demokrat Sulsel Ngaku Surprise

“Insya Allah nantinya jika ingin berkegiatan Pramuka khusus di Indonesia Timur, tidak perlu datang ke Buper Cibubur, Jakarta, tapi cukup datang ke Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan,” sebut orang nomor satu di Gowa itu.

Sementara, Ketua Harian Kwarcab Gowa Baharuddin Mangka menyebutkan, salah satu aspek penilaian yang dilakukan sehingga Kwarcab Gowa mampu meraih penghargaan adalah dari laporan administrasi. Dimana tercatat selama periode 2019 hingga 2023, Kwarcab Gowa dianggap giat atau aktif melaksanakan kegiatan kepramukaan dan memiliki nilai tertinggi.

“Kita alhamdulillah sangat aktif melaksanakan kegiatan kepramukaan, salah satu yang menjadi kelebihan dan poin tinggi dalam penilaian tersebut adalah karena Kwarcab Gowa memiliki Bumi Perkemahan dan sarana fisik,” jelasnya.

Baca Juga : Tindaklanjuti Keluhan Warga Bira, Komisi C DPRD Makassar Gelar RDP Bersama PT Ale Bata Ringan

Tak hanya itu, juga berhasil melaksanakan kegiatan besar setiap tahunnya. Mulai dari, Lomba Tingkat III, Raimuna Cabang, dan tahun ini akan bersiap dalam proses pencapaian Pramuka Garuda kursus mahir dasar dan lanjutan.

“Ditambah kegiatan pembinaan di Saka-Saka yang ada di sekolah itu berkelanjutan,” sebutnya.

Ia berharap ke depan Pramuka di Kabupaten Gowa mampu mencapai Pramuka garuda atau Pramuka yang berkualifikasi tinggi. Sehingga semakin banyak generasi muda yang terbina dalam hal kegiatan kepramukaan.

Baca Juga : Di Forum SKPD 2024, Ari Ashari Ilham Tegaskan Komitmen DPRD Dukung Pariwisata di Makassar

“Semoga semakin banyak generasi muda kita yang terbina dalam kegiatan kepramukaan karena kegiatan kepramukaan ini adalah pembinaan pemuda yang sifatnya holistik atau menyeluruh mulai dari pembinaan , keterampilan, karakter dan sebagainya,” harap Baharuddin.

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646