0%
logo header
Sabtu, 10 April 2021 10:00

Layanan ASN Pemkab Gowa Diharap Tetap Maksimal Ditengah Pandemi Covid-19

Wakil Bupati Gowa Abdul Rauf Malagannu, saat melakukan sidak kepada ASN pasca pemberlakuan bekerja di kantor selama masa pandemi Covid-19. (Istimewa)
Wakil Bupati Gowa Abdul Rauf Malagannu, saat melakukan sidak kepada ASN pasca pemberlakuan bekerja di kantor selama masa pandemi Covid-19. (Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, GOWA — Sebanyak puluhan Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kabupaten Gowa mengikuti Bimbingan Teknis Budaya. Hal tersebut dimaksudkan agar dalam tugas pelayanan baik pada tugas birokrasi maupun layanan publik tetap maksimal.

Wakil Bupati Gowa Abd. Rauf Malaganni mengatakan, di tengah-tengah pandemi Covid-19 saat ini tugas pemerintahan menjadi semakin berat. Di mana pemerintah harus menjalankan dua pekerjaan sekaligus, yakni bertugas memberikan penanganan maksimal dalam rangka menghambat penyebaran Covid-19, serta tetap memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat.

“ASN dituntut untuk terus meningkatkan kompetensi pelaksanaan layanan, khususnya dalam penggunaan sistem yang berbasis teknologi Informatika dalam pelayanan publik,” katanya, Jumat (09/04/2021).

Baca Juga : Wabup Gowa Minta Layanan Koperasi Melek Teknologi

Menurutnya, pelayanan publik ini sudah menjadi kebutuhan dasar masyarakat yang harus dipenuhi oleh pemerintah. Termasuk di masa pandemi seperti ini menjadi tantangan tersendiri bagi ASN lingkup Pemkab Gowa.

Ia menegaskan, saat ini diperlukan perubahan sistem kerja tetapi disertai budaya kerja yang baik pula, budaya kerja yang bertanggungjawab, akuntabel dan mengutamakan integritas tinggi. Sehingga setiap ASN dipaksa untuk adaktif terhadap teknologi agar kinerja pelayanan lebih cepat lagi.

“Kita harus mengikuti pergeseran sistem pemerintahan Indonesia yaitu menuju birokrasi 4.0 yang tentu beriringan dengan revolusi industri, dimana semua jenis layanan publik yang akan diselenggarakan pemerintah sudah berbasis digital dan terintegrasi,” jelasnya.

Baca Juga : Kabupaten Gowa Jadi Lokasi Pelaksanaan KKN Mahasiswa Muhammadiyah dan Aisyiyah di Indonesia

Ia berharap para peserta mampu mengikuti dengan baik bimtek ini dan menghasilkan output yang baik khususnya terhadap pelayanan publik di Kabupaten Gowa.

Sementara Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Gowa Muhammad Basir mengatakan, pentingnya memberikan pengetahuan tambahan kepada ASN memang penting.

“Tujuannya untuk memberikan bekal pengetahuan kepada ASN agar dapat terus bekerja secara maksimal,” singkatannya. (Rhany)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi.republiknews1@gmail.com atau Whatsapp +62 852-9999-3998