0%
logo header
Senin, 07 Februari 2022 15:29

Layanan Isolasi Covid-19 di FIT Asrama Haji, Sudah 31 Tempat Tidur Terisi Pasien

Rizal
Editor : Rizal
Pasien Covid-19. (Ilustrasi)
Pasien Covid-19. (Ilustrasi)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MAKASSAR – Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan bertindak cepat untuk mengantisipasi lonjakan kasus terkonfirmasi Covid-19.

Apalagi, Pemprov Sulsel telah memiliki layanan Fasilitas Isolasi Terintegrasi (FIT) yang dipusatkan di Asrama Haji Sudiang. Dengan pengampuh dari RSUD Labuang Baji.

Direktur Utama Rumah Sakit (RS) Labuang Baji, dr Haris Nawawi menyampaikan bahwa layanan FIT di Asrama Haji selalu tersedia hingga saat ini.

Baca Juga : Respon Bencana Angin Puting Beliung di Maros, Gubernur Andi Sudirman Serahkan Bantuan Rp 800 Juta

“Tertanggal 6 Februari 2022, tempat tidur yang terpakai sebanyak 31. Kita menyiapkan 150 tempat tidur yang dapat dikonversi menjadi 1500 tempat tidur,” jelasnya, Senin (7/2/2022).

Diketahui, layanan FIT ini sudah diadakan oleh Pemprov Sulsel sejak 2021 lalu. Hadirnya layanan FIT ini merupakan inisiasi Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman. Bahkan tempat isolasi ini disediakan gratis bekerjasama dengan Kementerian Agama.

Fasilitas Isolasi Terintegrasi merupakan rumah sakit darurat atau rumah sakit lapangan yang diampuh oleh Rumah Sakit Provinsi Sulsel.

Baca Juga : Gandeng BRIN, Muhammad Fauzi Bekali Guru SMA Lutra Soal Penulisan Ilmiah

Layanan ini diperuntukkan bagi pasien Covid-19 tanpa gejala atau gejala ringan yang bisa berasal dari seluruh kabupaten/kota di Sulsel maupun dari provinsi lain yang kebetulan berada di Sulsel.

Selama menjalani isolasi di FIT, pasien memiliki kegiatan rutin diantaranya olahraga, ibadah, berjemur dan hiburan. Untuk pelayanan check-up kesehatan mandiri diantaranya disiapkan alat saturasi, oksigen ukur suhu, serta telemedicine halo dokter. Selain itu, juga dilakukan pemantauan pola hidup sehat dengan istirahat cukup, makanan bergizi, minum vitamin dan obat pereda keluhan.

Adapun fasilitas di Asrama Haji Sudiang memiliki 15 gedung perawatan, IGD darurat, standar kamar hotel, wisma tenaga kesehatan, sarana olahraga, sarana ibadah, sarana CCTV dan wifi. Untuk fasilitas kesehatan yakni memiliki ambulans rujukan, mobile lab, mobil x-ray, mobile PCR, oximetri, oksigen konsentrat, serta alat kesehatan lainnya. (*)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646