0%
logo header
Rabu, 20 Maret 2024 22:30

Lewat Gebyar Literasi, BI Sulsel Dorong Peningkatan Minat Baca Kaum Milenial

Chaerani
Editor : Chaerani
Kepala BI Sulsel Rizki Ernadi Wimanda, saat membuka Gebyar Literasi Ramadan 2024, di Baruga Phinisi Kantor BI Sulsel, Rabu, (20/03/2024). (Dok. Chaerani/Republiknews.co.id)
Kepala BI Sulsel Rizki Ernadi Wimanda, saat membuka Gebyar Literasi Ramadan 2024, di Baruga Phinisi Kantor BI Sulsel, Rabu, (20/03/2024). (Dok. Chaerani/Republiknews.co.id)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MAKASSAR — Sebagai komitmen dalam mendukung upaya peningkatan literasi dan kualitas sumberdaya manusia, khususnya kaum milenial. Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Selatan mengagas Gebyar Literasi Ramadan 2024.

“Kita melaksanakan Gebyar Literasi ini untuk memberikan sharing pengetahuan kepada kaum milenial atau pemuda-pemuda di Sulawesi Selatan tentang bagaimana menulis yang baik, hingga meningkatkan minat baca mereka,” kata Kepala BI Sulsel Rizki Ernadi Wimanda, di sela-sela Gebyar Literasi Ramadan 2024, di Baruga Phinisi Kantor BI Sulsel, Rabu, (20/03/2024).

Gebyar Literasi Ramadan 2024 bertajuk “Membangkitkan Semangat Literasi di Bulan Suci Ramadan” ini diisi dengan Workshop Penulisan yang menghadirkan pemateri Jurnalis Senior Andi Suruji, dan Workshop Pentingnya Literasi Dalam Perspektif Islam yang dibawakan Prof. Barsihannor.

Baca Juga : Gandeng Media, Bawaslu Sulsel Perkuat Kinerja Kehumasan Jelang Pilkada Serentak 2024

“Dari kegiatan in kita harap dapat melahirkan para penulis-penulis yang handal dan kreatif di Sulsel, seperti penulis karya La Galigo yang mampu mengedukasi masyarakat tentang sejarah peradaban,” ujarnya.

Menurut Rizki, dengan kemampuan menulis yang baik akan menjadi modal utama dalam menyampaikan ide, gagasan dan dan nilai-nilai kebaikan kepada masyarakat secara luas. Dengan begitu kita dapat turut berperan dalam membangun peradaban yang lebih baik kedepannya.

Lanjutnya, selain Gebyar Literasi, program-program pengembangan literasi yang telah digagas BI Sulsel saat ini antara lain, bedah buku dengan berbagai topik, serta membangun Perpustakaan BI bernama Perpustakaan Lontara yang berlokasi di Lantai 1, Kantor BI Sulsel. Perpustakaan BI Sulsel ini akan dijadikan sebagai pusat bacaan yang mudah dijangkau bagi siapapun.

Baca Juga : Surya Paloh Imbau Kader NasDem Solid Menangkan Duet ASS-Fatma di Pilgub Sulsel 2024

Harapannya agar semua masyarakat dapat memanfaatkan fasilitas tersebut untuk meningkatkan literasi dan pengetahuan mereka, khususnya di bidang sistem pembayaran, makro prudential, dan ekonomi secara umum.

“Kegiatan-kegiatan literasi yang kita dorong ini dalam rangka meningkatkan dan mengugah literasi masyarakat terutama milenial untuk gemar membaca,” ujarnya.

Ia mengaku, sejarah umum bangsa Indonesia saat ini mengalami tantangan yang sangat besar dalam meningkatkan budaya literasi di masyarakat. Sementara, Provinsi Sulawesi Selatan memiliki potensi yang besar dalam hal pengembangan literasi.

Baca Juga : Lewat CSR Penanaman Mangrove di Berbagai Daerah, Yamaha Indonesia Upayakan Reduksi Emisi Karbon

Berdasarkan data Perpustakaan Nasional RI Tahun 2023 menunjukkan bahwa Tingkat Kegemaran Membaca (TGM) di Kota Makassar masuk dalam 10 besar dari tingkat nasional atau peringkat keempat dengan skor TGM sebesar 74,14 persen. Pencapaian ini berhasil dilakukan melalui program literasi untuk semua elemen masyarakat, serta dihadirkannya pusat-pusat bacaan yang mudah diakses.

“Termasuk upaya kolaboratif dari berbagai komunitas literasi menjadi pendorong utama dalam pencapaian ini. Ini juga yang menjadi latar belakang bagi kami dalam menggelar Gebyar Literasi di bulan Ramadan ini,” terangnya.

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646