0%
logo header
Minggu, 22 Mei 2022 12:47

Lewat Program TJSL PLN, Kelompok UMKM di Luwu Utara Dapat Suntikan Modal

Melalui program TJSL, PT PLN mengambil bagian dalam mendorong perekonomian masyarakat terutama bagi warga di wilayah pembangunan infrastruktur kelistrikan yang dilakukan PLN. (Istimewa)
Melalui program TJSL, PT PLN mengambil bagian dalam mendorong perekonomian masyarakat terutama bagi warga di wilayah pembangunan infrastruktur kelistrikan yang dilakukan PLN. (Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, LUWU UTARA — PT PLN (Persero) secara komitmen membantu pemerintah mendorong perekonomian masyarakat melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL).

Kali ini program tersebut menyasar dua kelompok Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di Kabupaten Luwu Utara dengan memberikan bantuan alat produksi dan bahan senilai Rp 50 juta.

“Kita ingin membantu meningkatkan produktivitas para pelaku UMKM yang ada di Luwu Utara. Terkhususnya lagi yang menjadi korban banjir bandang dan pandemi Covid-19,” kata Supervisor Administrasi dan Umum PLN Unit Pelaksana Proyek Sulawesi Selatan (UPP Sulsel) Sandi Kurnia dalam keterangannya, kemarin.

Baca Juga : UMKM Untung Banyak Di Festival Bumi La Maranginang

Dalam pencarian bantuan tersebut diberikan kepada dua pelaku UMKM yang bergerak pada usaha kue dan makanan ringan. Antara lain, Kelompok Usaha Bersama “Beppa Massipa” di Desa Mappedeceng dan “Fadlan Cake” di Desa Uraso, Kecamatan Mappedeceng.

“Kita berharap program kami ini dapat mendukung kemajuan peningkatan ekonomi bagi masyarakat Luwu Utara pasca musibah banjir bandang dan pandemi,” harapnya.

Sementara, Kepala Desa Mappedeceng Lukman menyampaikan terima kasihnya kepada PLN karena sudah memberikan bantuan pengembangan usaha kepada warganya.

Baca Juga : UMKM Untung Banyak Di Festival Bumi La Maranginang

“Kami selaku pemerintah desa mengucapkan terima kasih kepada PLN yang telah membantu meningkatkan usaha mikro kecil dan menengah warga di desa Mappedeceng,” tutur Lukman.

Selain itu bantuan UMKM ini bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat yang ada di Kabupatem Luwu Utara di mana pada waktu lalu sempat diterjang bencana banjir bandang dan juga untuk membantu memulihkan perekonomian masyarakat setelah dilanda pandemi.

“Terima kasih kepada PLN Peduli yang sudah memberikan bantuan pengembangan usaha kepada kelompok kami, semoga bantuan yang diberikan dapat membuat usaha kami lebih maju dan berkembang,” ujar Ranah selaku Ketua Kelompok Usaha Bersama “Fadlan Cake”.

Baca Juga : UMKM Untung Banyak Di Festival Bumi La Maranginang

Senior Manager Perizinan, Pertanahan dan Komunikasi PLN UIP Sulawesi Nur Akhsin mengungkapkan, program TJSL ini dilakukan untuk mendorong perekonomian masyarakat terutama yang berada di sekitar Pembangunan Infrastruktur Ketenagalistrikan (PIK). Hal ini selaras dengan tujuan program TJSL PLN berbasis pemberdayaan yang berkesinambungan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Ia menambahkan, bantuan tersebut diharapkan dapat membantu meningkatkan perekonomian, kemampuan kewirausahaan, produksi penjualan dan pemasaran bagi para pelaku UMKM khususnya yang ada di sekitar Pembangunan Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150kV Wotu – Masamba.

“PLN berkomitmen menjadikan tenaga listrik sebagai media untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat, mendorong kegiatan ekonomi dan menjalankan kegiatan usaha yang berwawasan lingkungan,” tutup Nur Akhsin. (*)

Penulis : Chaerani
Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646