0%
logo header
Selasa, 17 Mei 2022 18:39

Longgarkan Aturan, Presiden Jokowi Bolehkan Masyarakat Tak Pakai Masker di Ruang Terbuka

Arnas Amdas
Editor : Arnas Amdas
Presiden Joko Widodo. (Ist)
Presiden Joko Widodo. (Ist)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, BOGOR — Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan untuk melonggarkan kebijakan penggunaan masker di luar ruangan, dengan mempertimbangkan situasi pandemi Covid-19 yang kian terkendali.

Presiden memutuskan untuk melonggarkan kebijakan penggunaan masker. Keputusan tersebut diambil setelah mempertimbangkan sejumlah aspek.

Hal ini ditegaskan Jokowi dalam konferensi pers terkait pelonggaran penggunaan masker di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (17/05/2022).

Baca Juga : Lawatan Keluar Negeri, Presiden Jokowi Bawa Misi Perdamaian ke Ukraina dan Rusia

“Pemerintah memutuskan untuk melonggarkan kebijakan pemakaian masker,” kata Jokowi.

Jokowi mengemukakan keputusan tersebut diambil sejalan dengan penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia yang semakin terkendali dalam beberapa waktu terakhir.

“Jika masyarakat sedang beraktivitas di luar ruangan atau di area terbuka yang tidak padat orang, maka diperbolehkan untuk tidak menggunakan masker,” tegasnya.

Baca Juga : Presiden Jokowi Tinjau Infrastruktur Penyedia Air Baku Kawasan IKN Nusantara

” Bila naik Transportasi umum, atau di tempat tertutup dan keramaian gunakan masker, begitu juga dengan yang sakit, commorbid atau belum lengkap vaksinnya ” jelas Jokowi.

Jokowi sekaligus menekankan masyarakat yang masuk kategori rentan dan lanjut usia dan memiliki komorbid disarankan untuk tetap menggunakan masker saat beraktivitas baik di dalam atau luar ruangan.

“Kemudian bagi masyarakat yang mengalami gejala batuk dan pilek maka tetap harus menggunakan masker ketika melakukan aktivitas,” tegas Jokowi.

Penulis : Wahyu Widodo
Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646