0%
logo header
Selasa, 28 Mei 2024 12:10

Mentan Amran Serahkan Bantuan Pertanian Senilai Rp 410 Miliar di Sulsel

M. Imran Syam
Editor : M. Imran Syam
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, bersama Pj Gubernur Sulsel Prof Zudan Fakrulloh, meninjau alat mesin pertanian yang akan disalurkan untuk masyarakat Petani, Senin (27/05/2024). (Istimewa)
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, bersama Pj Gubernur Sulsel Prof Zudan Fakrulloh, meninjau alat mesin pertanian yang akan disalurkan untuk masyarakat Petani, Senin (27/05/2024). (Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MAKASSAR — Menteri Pertanian RI, Andi Amran Sulaiman memberikan bantuan untuk masyarakat Sulsel senilai Rp 410 Miliar.

Bantuan pertanian itu diserahkan secara simbolis oleh Mentan Amran kepada Pj Gubernur Sulsel Prof Zudan Arif Fakrulloh di Kantor Gubernur Sulsel, Senin (27/05/2024).

Adapun bantuan yang diserahkan, yakni Rp 365 Miliar berupa benih hortikultura, perkebunan, pupuk, dan alat mekanisasi pertanian (alsintan); dan Rp 48,3 Miliar bantuan untuk bencana alam banjir di tujuh Kabupaten. Yakni Kabipaten Luwu, Enrekang, Sidrap, Wajo, Bone, Pinrang, dan Sinjai.

Baca Juga : Bunda PAUD Sulsel Ninuk Triyanti Zudan Apresiasi Layanan Ruang Tumbuh Kembang Anak RSKD Dadi

Bantuan itu dimuat dalam 60 truk yang dilepas simbolis di Kantor Gubernur Sulsel oleh Mentan Amran. Dikatakan, bahwa bantuan ini bertujuan untuk meningkatkan produksi pangan dan kesejahteraan petani.

Ketua IKA Unhas ini, mengungkapkan bahwa kehadirannya di Sulsel adalah perintah langsung dari Presiden Joko Widodo.

“Saya mendapat penugasan khusus dari Bapak Presiden untuk menyelesaikan seluruh permasalahan pertanian di daerah, khususnya petani yang terdampak bencana alam,” ujarnya.

Baca Juga : Sulawesi Memimpin Integrasi Geospasial, Memulai Revolusi dengan Target Peta Skala 1:5000 Tahun Depan

Mentan berharap semua pihak saling mendukung, memperkuat, bersinergi, dan mewujudkan semangat persaudaraan dalam memulihkan kondisi di area terdampak bencana.

“Melalui bantuan ini, kami ingin daerah-daerah yang terkena musibah segera pulih dan Sulawesi Selatan semakin maju,” kata Amran.

Diharapkan, bantuan untuk bencana alam ini dapat meringankan beban korban dan memperkuat perekonomian Sulsel yang sempat terganggu akibat bencana.

Baca Juga : Buka Rakor Penyelenggaraan Informasi Geospasial Regional Sulawesi, Ini yang Disampaikan Prof Zudan

“Bencana di Sulsel ini harus kita hadapi bersama, karena satu petani yang terkena bencana adalah musibah kita bersama. Maka yang terdampak ini akan kita beri bibit, benih, traktor, dan pupuk gratis,” tegasnya. (*)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi.republiknews1@gmail.com atau Whatsapp +62 813-455-28646