0%
logo header
Senin, 13 November 2023 15:00

Menunggu Pengesahan TKN, Mayoritas Parpol Pengusung Prabowo-Gibran di Sulsel Dorong AIA Jadi Ketua TKD

Rizal
Editor : Rizal
Pertemuan pimpinan parpol Koalisi Indonesia Maju di Sulsel guna membahas terkait TKD Prabowo-Gibran di Sulsel. Pertemuan berlangsung di Hotel Claro, Makassar, Minggu (12/11/2023) malam. (Foto: Istimewa)
Pertemuan pimpinan parpol Koalisi Indonesia Maju di Sulsel guna membahas terkait TKD Prabowo-Gibran di Sulsel. Pertemuan berlangsung di Hotel Claro, Makassar, Minggu (12/11/2023) malam. (Foto: Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MAKASSAR – Pimpinan partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) di Sulawesi Selatan bertemu di Hotel Claro, Jalan AP Pettarani, Makassar, Minggu (12/11/2023) malam. Mereka membahas terkait penunjukan ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Sulsel.

Hadir Ketua DPD Gerindra Sulsel
Andi Iwan Darmawan Aras, Ketua Bappilu DPD Gerindra Sulsel Harmansyah, Ketua DPD I Golkar Sulsel Taufan Pawe, Sekretaris Golkar Sulsel Andi Marzuki Wadeng, Ketua DPW PAN Sulsel Ashabul Kahfi, serta Wakil Ketua DPW PAN Sulsel Muhammad Rizaldy Nasri.

Selanjutnya, Ketua Partai Demokrat Sulsel Ni’matullah Erbe, Ketua DPW PSI Sulsel Muhammad Surya, Sekretaris PSI Sulsel Maqbul Halim, Sekretaris Gelora Sulsel Mudzakkir Ali Djamil, Ketua DPW PBB Sulsel Badaruddin Puang Sabang dan Ketua DPD Garuda Sulsel Faisal, serta perwakilan dari Partai Prima.

Baca Juga : Layanan Pemeriksaan Kesehatan Gratis Rudal Care Tuai Apresiasi Positif dari Warga Makassar

Hasilnya, mencuat nama Andi Iwan Darmawan Aras (AIA) yang bakal diplot sebagai ketua TKD Prabowo-Gibran di Sulsel. Hal itu berdasarkan usulan mayoritas dari pimpinan parpol koalisi yang hadir.

“Saya jelas, pasti Iwan Aras. Semua (pimpinan parpol) tadi sudah bilang (usulkan AIA). Kata mereka, sudah benar usulan Partai Demokrat itu,” kata Ketua Partai Demokrat Sulsel, Ni’matullah Erbe usai pertemuan.

Hanya saja, kata Ulla, sapaan karibnya, kewenangan untuk memutuskan soal hal tersebut adalah Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran. Parpol koalisi di daerah hanya ditugaskan untuk mengusulkan nama-nama yang dianggap layak dan kompeten.

Baca Juga : Pemkab Bantaeng Akui Program Assiama Presisi Polres dan Huadi Group Banyak Bantu Warga

“Ketua TKD itu disahkan oleh tim kampanye nasional (TKN). Beberapa nama yang akan dikirim. Masing-masing partai boleh mengusulkan nama antara satu sampai tiga nama tidak ada masalah,” tambah wakil ketua DPRD Sulsel itu.

Sementara itu, Ketua DPD Gerindra Sulsel, Andi Iwan Darmawan Aras tetap mempersilahkan parpol koalisi untuk mengusulkan nama-nama yang dianggap potensial, baik dari internal koalisi maupun dari pihak eksternal.

“Siapapun dari internal Koalisi Indonesia Maju boleh (diusulkan), eksternal juga boleh. Intinya siapa pun tokoh-tokoh yang tidak berafiliasi dengan partai koalisi dan sevisi dengan kita, tentunya perjuangan kita sama, kita welcome. Saya pribadi welcome,” kata legislator DPR RI itu.

Baca Juga : Tingkatkan Kualitas SDM, Kemnaker RI Latih Karyawan Huadi Group

Jika di internal menguat nama AIA, sejumlah nama dari pihak eksternal juga memungkinkan untuk didaulat sebagai ketua TKD Prabowo-Gibran di Sulsel. Sebut saja nama mantan Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman (AAS), Andi Idris Manggabarani (IMB), hingga Ilham Arief Sirajuddin (IAS).

“Kami hanya merekomendasikan kepada tim kampanye nasional bahwa ini rekomendasi nama-nama dari partai koalisi di Sulsel. Kami akan menyerahkan ke TKN. Apapun keputusan di sana kita akan terima, dan kita akan bekerja maksimal untuk kemenangan Prabowo-Gibran di Sulsel,” demikian AIA. (*)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi.republiknews1@gmail.com atau Whatsapp +62 813-455-28646