0%
logo header
Kamis, 19 Januari 2023 08:22

Nyalakan Api Unggun di Kemah Siaga Bencana, Baguna Kalsel Ingin Tularkan Semangat Api Perjuangan

Asril Astian
Editor : Asril Astian
Api unggun di kemah siaga bencana Baguna di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. (Istimewa)
Api unggun di kemah siaga bencana Baguna di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. (Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, BANJAR — Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) Kalimantan Selatan (Kalsel) menyalakan api unggun sebagaimana semangat perjuangan dalam memupuk kegiatan Kemah Siaga Bencana di Kiram Park, Kabupaten Banjar, pada 14 – 15 Januari 2023.

Kepala Baguna Kalsel, Rizal Nagara menyebut kegiatan kemah ini tak hanya sekadar mengupgrade pengetahuan peserta, melainkan tentang penanganan kebencanaan, dan serta juga melahirkan rekomendasi bagi Baguna se-Kalsel dalam menyusun gerak langkah di tahun 2023.

Dalam rapat konsolidasi, Rizal menyampaikan bahwa perkemahan di Kiram Park tersebut banyak rekomendasi yang disepakati. Pertama Baguna Cabang yang belum jelas struktur kepengurusan, serta belum ada kepala Baguna definitif yang di SK-kan DPC harus segera diperbaiki, dan kordinasikan dengan DPC serta Baguna Daerah.

Baca Juga : Curi Velg Mobil dan Jual Kembali ke Korbannya, Pria di Kalsel Babak Belur Dihajar Massa

“Agar sebelum Bulan Juni 2023, sudah semua Baguna Cabang terstruktur organisasi ditingkat Cabang hingga Kecamatan. Rekomendasi kedua, kita tidak hanya fokus kepada bencana-bencana alam, tapi Baguna Se-Kalsel sinergi dan kolaborasi dengan BKKBN untuk terlibat aktif turun ke masyarakat,” ucap Rizal kepada Republiknews.co.id, Rabu (18/01/2023) malam.

Hal itu, Rizal menyebut untuk membantu mengatasi permasalahan stunting dan gizi buruk. Kemudian untuk memotivasi Personil Baguna Cabang, dia merekomendasikan kegiatan Kemah Siaga Bencana berupaya akan selalu diadakan setiap tahun, serta dalam setiap tahunnya akan selalu ada nominasi Baguna Cabang teraktif sebagai bentuk reward dan motivasi bagi Baguna Cabang lainnya, demi menciptakan kader yang lebih aktif.

“Dan yang mana pada tahun 2022, Baguna teraktif kita berikan kepada Baguna Cabang Tanah Bumbu,” ujarnya.

Baca Juga : Dua Buruh Bangunan di Kalsel Tewas Tertimpa Material, Polisi Selidiki Penyebabnya

Rekomendasi terakhir, Rizal menyampaikan bahwa pihaknya juga komitmen agar Baguna Cabang Se-Kalsel aktif di media sosial dan media online, turut diberikan sebuah apresiasi tersebut. Sebab, menurutnya langkah itu agar setiap kegiatan Baguna Se-Kalimantan Selatan selalu mempunyai jejak digital dan sebagai laporan pertanggung jawab partai kepada masyarakat di Bidang Sosial, Kemanusiaan dan Penanggulangan Bencana.

Sebagaimana diketahui, Kegiatan Kemah Siaga Bencana turut mengundang Kepala BKKBN Kalsel, Kepala BMKG Kalsel, BPBD Bidang Kedaruratan, dan Instruktur Basarnas untuk melakukan simulasi water Rescue di Danau Kiram Park. (*)

Penulis : Rahim Arza
Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi.republiknews1@gmail.com atau Whatsapp +62 813-455-28646