0%
logo header
Selasa, 04 Januari 2022 20:21

ODGJ di Bulukumba Dapat Perhatian Pemerintah, Dimulai Pada Perekaman E-KTP

Arnas Amdas
Editor : Arnas Amdas
Salah satu Orang Dalam Gangguan Jiwa Sunandar (69 tahun), melakulan perekaman e-KTP di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bulukumba, Selasa (04/01/2022).
Salah satu Orang Dalam Gangguan Jiwa Sunandar (69 tahun), melakulan perekaman e-KTP di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bulukumba, Selasa (04/01/2022).

REPUBLIKNEWS.CO.ID, BULUKUMBA — Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) di kabupaten Bulukumba Sulawesi Selatan, kini tengah mendapat perhatian khusus oleh pemerintah kabupaten.

Sunandar (69 tahun) yang sudah lama berstatus ODGJ dalam waktu dekat akan mendapatkan perawatan pada fasilitas kesehatan khusus di Rumah Sakit Dadi Kota Makassar.

Saat ini pemerintah tengah mempersiapkan dokumen dan administrasi kependudukan yang diperlukan untuk perawatan Sunandar, dimulai dari penerbitan E-KTP.

Baca Juga : Aklamasi, Andi Hendra Hidayat Ketua IKA SMA 6 Makassar Periode 2022-2026

Melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) melakukan perekaman biometrik kepada Sunandar, Selasa (04/01/2022).

Pihak Disdukcapil melakukan pengecekan di Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) yang bersangkutan Sunandar yang beralamat jalan Titang II Kelurahan Ela-Ela Kecamatan Ujungbulu ternyata belum melakukan perekaman biometrik untuk menerbitkan KTP.

Di sisi lain, Dinas Sosial membutuhkan KTP Sunandar untuk pengurusan BPJS Kesehatan yang ditanggung pemerintah daerah. Rencananya setelah BPJS-nya terbit maka Sunandar akan langsung dibawa ke Rumah Sakit Dadi Makassar untuk dirawat.

Baca Juga : Yakin Golkar Solid, TP Optimis Airlangga Terpilih di Pilpres 2024

Didampingi keluarga dan Dinas Sosial, Sunandar diantar ke Kantor Disdukcapil untuk perekaman.

Menurut Endang Muliani dari Disdukcapil proses perekaman ODGJ butuh waktu dan prosesnya lama oleh karena yang bersangkutan sulit direkam biometriknya terutama pada saat foto wajah.

“Untuk mendapatkan perekaman wajah yang tepat maka posisi badan harus sekian derajat. Begitu juga saat pengambilan iris mata,” ungkap Endang usai perekaman Sunandar.

Baca Juga : Di HUT MKGR, Airlangga Sebut Golkar Sulsel Jadi Contoh Indonesia Timur

Lebih lanjut, Endang menyebut, meski saat pengiriman data sempat loading dan tiga kali dilakukan proses pengiriman data, namun akhirnya perekaman Sunandar berstatus Print Ready Record (PRR) atau siap cetak sehingga KTP Sunandar bisa dicetak hari ini juga.

Sementara itu Pendamping Sosial Dinas Sosial, Haerul yang mendampingi Sunandar ke Kantor Disdukcapil menyampaikan, setelah KTP elektronik Sunandar selesai, pihaknya bersama Dinas Kesehatan langsung menerbitkan Kartu BPJS, namun untuk penggunaannya harus menunggu masa aktifnya.

“Setelah BPJSnya aktif, Sunandar akan dibawa ke Rumah Sakit Dadi Makassar untuk mendapatkan perawatan,” singkatnya.

Sekedar diketahui, Sunandar bukan ODGJ pertama di Bulukumba yang telah dilakukan perekaman e-KTP, sebelumnya Disdukcapil juga telah melakukan perekaman pada beberapa ODGJ untuk dokumen administrasi guna mendapatkan fasilitas perawatan.

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi.republiknews1@gmail.com atau Whatsapp +62 852-9999-3998