0%
logo header
Sabtu, 20 April 2024 11:13

Pasca Mudik Lebaran, Ini Cara Mudah Merawat Kembali Sistem Pengereman Sepeda Motor

Rizal
Editor : Rizal
Menjaga performa sepeda motor menjadi kewajiban para penggunanya dengan cara rutin melakukan perawatan di bengkel resmi Yamaha. (Foto: Istimewa)
Menjaga performa sepeda motor menjadi kewajiban para penggunanya dengan cara rutin melakukan perawatan di bengkel resmi Yamaha. (Foto: Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MAKASSAR – Menjaga performa sepeda motor menjadi kewajiban para penggunanya dengan cara rutin melakukan perawatan. Apalagi setelah menempuh perjalanan jarak jauh saat mudik lebaran baru-baru ini.

Guna memastikan kendaraan kembali prima untuk digunakan lagi pasca mudik, para pengendara disarankan melakukan pengecekan beberapa komponen sepeda motor sebelum memulai kembali aktifitas seperti biasa.

Salah satunya adalah pengecekan kampas rem sebagai komponen esensial yang berhubungan langsung dengan keselamatan berkendara dengan mengatur laju kendaraan baik memperlambat maupun menghentikan putaran roda.

Baca Juga : H3RO Land Dream Battle, Tri Beri Kesempatan Gen Z Berkarier di Industri Gaming

Asst General Manager Aftersales PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Frengky Rusli menjelaskan bahwa pengecekan rutin sistem pengereman seperti kampas rem merupakan hal yang sangat penting guna menunjang kenyamanan serta keselamatan berkendara.

Menurutnya, perawatan sepeda motor menjadi kewajiban para pengendaranya, hal ini untuk menjaga berbagai fungsi pada sepeda motor tetap optimal. Salah satunya fungsi pengereman yang sangat penting untuk selalu diperhatikan khususnya bagi para pengendara aktif.

“Makanya, kami sebagai produsen sepeda motor berupaya mengingatkan dengan berbagi tips perawatan fungsi pengereman sepeda motor untuk menunjang pengalaman berkendara konsumen tetap menyenangkan,” kata Frengky.

Baca Juga : Toyota Auto Show by Kalla Tawarkan Agya Limited Series, Angsuran Rp3 Juta

Berikut beberapa tips perawatan komponen sistem pengereman sepeda motor yang dapat dilakukan oleh para konsumen.

  1. Gaya Berkendara Dan Pembersihan Kampas Rem
    Saat mengendarai sepeda motor, pengendara disarankan untuk menghindari kebiasaan menarik gas dan tuas rem secara bersamaan. Jika hal ini dilakukan secara terus menerus, kampas rem dapat menjadi lebih cepat aus atau menipis. Selain memperhatikan gaya berkendara, penting juga untuk membersihkan kampas rem secara rutin menggunakan sikat kawat atau cairan pembersih rem. Hal ini dilakukan agar kampas rem terhindar dari tumpukan kotoran seperti pasir atau debu halus yang dapat mengganggu kinerja rem secara keseluruhan.
  1. Pengecekan dan Penggantian Minyak Rem
    Agar fungsi rem cakram sepeda motor tetap optimal, konsumen perlu memperhatikan kondisi minyak rem. Pastikan volume minyak rem di dalam master rem berada dalam batas normal, jernih, dan bebas dari kotoran. Ketika minyak rem dalam kondisi baik, maka kinerja rem cakram juga akan lebih optimal. Sesuai dengan buku petunjuk penggunaan, konsumen juga perlu melakukan penggantian minyak rem setiap 24.000 km atau 2 tahun sekali dalam kondisi penggunaan normal.
  1. Penggunaan spare part asli Yamaha
    Penggunaan spare part asli Yamaha juga menjadi hal yang tidak kalah penting. Setiap kampas rem asli Yamaha telah dirancang khusus sesuai dengan setiap model sepeda motor Yamaha, sehingga kinerja dan daya tahannya optimal. Selain itu, minyak rem asli Yamaha juga telah teruji kemampuannya dalam menahan suhu tinggi yang dihasilkan oleh proses pengereman. (*)
Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646