0%
logo header
Kamis, 09 Mei 2024 23:59

Pasokan Listrik Tiga Kabupaten di Sulsel 100 Persen Pulih, PLN Terjunkan Tim Bantuan Guna Percepat Pemulihan di Luwu

M. Imran Syam
Editor : M. Imran Syam
Tim PLN berupaya mendirikan tiang di Desa Poringan, Kabupaten Luwu. (Istimewa)
Tim PLN berupaya mendirikan tiang di Desa Poringan, Kabupaten Luwu. (Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MAKASSAR — PT PLN (Persero) berhasil memulihkan pasokan listrik 100% di Kabupaten Wajo, Pinrang dan Enrekang, Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) usai banjir dan longsor pada Rabu (8/5). Hingga Kamis (9/5) pukul 16.00 WITA, secara keseluruhan persentase listrik menyala sudah mencapai 97.5%. PLN juga menerjunkan sembilan tim bantuan yang berjumlah 60 personel untuk mempercepat pemulihan pasokan listrik di Kabupaten Luwu.

Tim bantuan yang diberangkatkan pada pagi (9/5) berasal dari PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Makassar Selatan, PLN UP3 Makassar Utara, PLN UP3 Mamuju, PLN UP3 Parepare, dan PLN UP3 Bulukumba.

Penjabat Bupati Luwu, H. Muh. Saleh mengapresiasi atas upaya yang dilakukan oleh PLN. Ia juga turut mengerahkan tim bantuan dalam percepatan pemulihan listrik dengan membersihkan akses jalan yang terputus.

Baca Juga : Hari Pendidikan Nasional, Srikandi PLN Sulselbar Kenalkan Energi Bersih Sejak Dini

“Terimakasih kepada PLN atas kerjasama dan gerak cepatnya untuk memulihkan sistem kelistrikan di kabupaten Luwu dan juga atas bantuan kemanusiaan Yayasan Baitul Maal PLN yang menyediakan fasilitas kesehatan dan sembako untuk masyarakat,” pungkas Muh. Saleh.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat (UID Sulselrabar), Moch. Andy Adchaminoerdin mencatat sejak Rabu (08/05/2024) pasokan listrik di Kabupaten Wajo, Pinrang, dan Enrekang telah pulih.

“Alhamdulillah, sampai dengan Kamis (9/5) pukul 16.00 WITA dari total 77.397 pelanggan terdampak sudah 75.219 pelanggan atau sebesar 97,5% pelanggan berhasil kami pulihkan pasokan listriknya,” terang Andy.

Baca Juga : Gunakan REC PLN, Pelanggan Smelter di Sulawesi Tenggara Siap Hasilkan Produk dari Energi Hijau

Andy menegaskan walaupun dihadapkan tantangan medan yang sulit akibat akses jalan yang terputus, saat ini fokus PLN adalah terus berupaya dalam percepatan pemulihan pasokan listrik salah satunya dengan menambah tim bantuan pemulihan pasokan listrik.

“Pengiriman petugas kelistrikan ke Luwu merupakan bentuk komitmen kami agar wilayah terdampak banjir dan longsor kembali terang secepat mungkin”, ujar Andy.

Andy juga mengapresiasi dukungan dari pemerintah daerah, TNI-POLRI,  _stakeholder_ bahkan masyarakat yang turut bersinergi dan membantu PLN dalam membersihkan akses jalan dan memobilisasi tiang.

Baca Juga : Hindari Pelanggaran dan Musibah Kebakaran, Begini Tips PLN untuk Pemakaian Listrik Secara Benar

“Walaupun dihadapkan dengan tantangan medan yang sulit, kami terharu dan mengucapkan terima kasih atas bantuan seluruh pihak yang membantu. Bahkan di Kabupaten Sidrap ada masyarakat yang membantu memobilisasi tiang, ini adalah bentuk dukungan yang memompa semangat kami agar pasokan listrik dapat segera dipulihkan,” pungkas Andy.

Akibat akses jalan yang masih belum bisa dilalui kendaraan, warga Dusun Matajang, Kabupaten Sidrap, Basri beserta masyarakat turut membantu tim PLN dalam memobilisasi tiang.

“Kita bersyukur hari ini berkat semangat kebersamaan dan demi pemulihan listrik PLN di Dusun Matajang Kab. Sidrap, kami bergotong-royong memasukkan material berupa tiang listrik. Ini kerja ikhlas masyarakat,”ujar Basri. (*)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi.republiknews1@gmail.com atau Whatsapp +62 813-455-28646