0%
logo header
Rabu, 29 Mei 2024 18:12

Pemkab Gowa Kembali Terima WTP Ke-12 Kalinya

Chaerani
Editor : Chaerani
Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan bersama Wakilnya Abd Rauf Malaganni saat menerima WTP Ke-12 kalinya dari BPK Sulsel yang diberikan Kepala BPK RI Sulsel Amin Adab Bangun, di Kantor BPK Sulsel, Rabu, (29/05/2024). (Dok. Humas Gowa)
Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan bersama Wakilnya Abd Rauf Malaganni saat menerima WTP Ke-12 kalinya dari BPK Sulsel yang diberikan Kepala BPK RI Sulsel Amin Adab Bangun, di Kantor BPK Sulsel, Rabu, (29/05/2024). (Dok. Humas Gowa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, GOWA — Pemerintah Kabupaten Gowa kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk Ke-12 kalinya dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Sulawesi Selatan.

WTP yang diperoleh tersebut atas Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2023.

Penghargaan WTP tersebut diterima langsung Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan didampingi Wakilnya Abd Rauf Malaganni, di Kantor BPK Sulsel.

Baca Juga : Demi Gaya Hidup Sehat, Herbathos Kenalkan Produk Herbal di Acara F8 Makassar

Kepala BPK RI Sulsel Amin Adab Bangun mengatakan, setelah melakukan proses pemeriksaan melalui tim yang diturunkan secara profesional dan sesuai prosedur. Maka dinilai opini atas LHP LKPD Pemkab Gowa yang didapat adalah Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Ia menjelaskan, ada empat kriteria BPK dalam memberikan opini atas LKPD kabupaten dan kota. Salah satunya yakni konsistensi dan kesesuaian laporan keuangan dengan Standar Akuntansi Pemerintah (SAP), dan kecukupan informasi dalam laporan.

“Termasuk pula kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan terkait pengelolaan keuangan daerah dalam rangka penyusunan LKPD, dan efektivitas sistem pengendalian intern,” katanya dalam kegiatan, Rabu, (29/05/2024).

Baca Juga : Pemkab Gowa Susun SOP Layanan Pencegahan Perkawinan Anak

Lanjutnya, dalam beberapa rekomendasi yang diberikan kepada Pemerintah Kabupaten Gowa. Seluruh rekomendasi tersebut telah ditindaklanjuti meskipun masih ada yang dalam proses.

“Namun kami mengapresiasi semua bentuk kerja keras yang dilakukan pemerintah kabupaten dan kota sehingga LHP ini meraih opini WTP,” jelasnya.

Sementara, Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan menyampaikan rasa terimakasihnya karena jajaran Pemkab Gowa yang kembali mampu meraih WTP yang ke-12 kalinya.

Baca Juga : Bawaslu Sulsel Temukan Puluhan Dugaan Pelanggaran Netralitas ASN, Pinrang Terbanyak

Menurutnya, opini WTP ini merupakan salah satu hal penting dalam memajukan daerah. Sebab, setiap penyerahan opini menjadi agenda penting bagi seluruh daerah, karena jika ingin membangun daerah maka kuncinya harus mendapat opini WTP dari BPK.

‘Ini semua berkat kerja keras SKPD dan menjadi komitmen kita bersama kabupaten dan kota lainnya,” jelasnya.

Ia juga mengapresiasi tim BPK yang melakukan pemeriksaan. Dimana tim BPK yang bertugas merupakan yang terbaik sejak dirinya menjabat sebagai kepala daerah.

Baca Juga : IM3 Gandeng Iqbaal Ramadhan Kampanye Freedom Internet Lewat Video “Simpel tapi Spesial”

“Kami juga berterimakasih kepada BPK khususnya tim yang melakukan audit. Ini akan menjadi motivasi untuk seluruh pihak agar bisa terus memberikan kontribusi untuk kemajuan daerah dan masyarakat lebih sejahtera di masa yang akan datang,” tutup Adnan.

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646