0%
logo header
Selasa, 28 Mei 2024 14:07

Pemkab Kukar Gandeng KKP Kelola Kawasan Konservasi Mahakam Hulu

M. Imran Syam
Editor : M. Imran Syam
Suasana Pertemuan Pemkab Kukar bersama KKP. (Istimewa)
Suasana Pertemuan Pemkab Kukar bersama KKP. (Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, KUTAI KARTANEGARA — Sekretaris Daerah (Sekda) Kutai Kartanegara (Kukar) Sunggono menjadi saksi penandatanganan kerjasama Sinergi dengan Direktorat Jenderal Pengelolaan Kelautan dan Ruang Laut Kementerian Kelautan dan Perikanan RI tentang Pengelolaan Kawasan Konservasi di Perairan Mahakam Wilayah Hulu Kukar, Selasa (28/05/2024).

Acara ini berlangsung di Gedung Mina Bahari II, Ditjen Pengelolaan Kelautan dan Ruang Laut Kementrian Kelautan dan Perikanan.

Penandatanganan kerjasama Sinergi ini dilanjutkan dengan penandatanganan Matrik Kerja pelaksanaan kerjasama sinergi. Penandatanganan dilakukan oleh Kepala Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut Pontianak Iwan Taruna Alkadrie dengan Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara Muslik.

Baca Juga : Kukar Idaman Beri Beasiswa Kuliah Pertanahan di STPN Yogyakarta, 20 Slot Tersedia

Sekda Kukar Sunggono mengatakan kerjasama ini merupakan upaya Pemerintah daerah dalam melakukan perlindungan terhadap habitat-habitat dalam kawasan konservasi, khususnya Pesut Mahakam.

“Kawasan ini bukan hanya terdapat di satu kabupaten/kota, tetapi kawasan konservasi wilayah Mahakam Hulu masuk dalam wilayah Pemkab Kutai Kartanegara dan juga sebagian wilayah masuk dalam Wilayah Kabupaten Kutai Barat dan Kabupaten Mahak Ulu,” ujar Sunggono.

Sunggono menambahkan, bentuk dukungan Pemda lainnya adalah dengan menerbitkan Surat Keputusan Bupati Kutai Kartanegara Nomor 75 Tahun 2020 tentang Pencadangan Kawasan Konservasi Perairan Habitat Pesut Mahakam.

Baca Juga : Pesan Sekda Kukar di Idul Adha 1445 Hijriah: Jaga Persatuan dan Kesatuan Umat Islam

“Perlu adanya koordinasi dan kerjasama dengan kabupaten ataupun kota lainya untuk perlindungan kawasan agar pola perlindungan dan pengawasan wilayah konservasi bisa sinergi dan terkoordinasi dengan baik,” tututnya.

Ia berharap kerjasama ini dapat membantu dalam upaya pelestarian habitat Pesut Mahakam dan ekosistem di sekitarnya.

Selain Sekda Kukar, acara ini juga dihadiri oleh Kepala Bagian Kerjasama Setdakab Kutai kartanegara Ismi Nurul Huda dan akademisi dari Universitas Mulawarman. (ADV/Diskominfo Kukar)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi.republiknews1@gmail.com atau Whatsapp +62 813-455-28646