0%
logo header
Selasa, 03 Oktober 2023 14:10

Peringati Hari Batik Nasional 2023, Dinas Koperasi dan UMKM Kukar Dorong Unsur Kearifan Lokal

Mulyadi Ma'ruf
Editor : Mulyadi Ma'ruf
Workshop Persit 0906/Tenggarong. (Istimewa)
Workshop Persit 0906/Tenggarong. (Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, KUTAI KARTANEGARA — Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) melalui Dinas Koperasi dan UMKM mendorong adanya perkembangan batik bernuansa kearifan lokal. Hal itu disampaikan bertepatan saat menghadiri Workshop Persit Kodim 0906/KKR memperingati Hari Batik Nasional 2023.

Kegiatan tersebut diselenggarakan di Aula Kodim 0906/KKR Jalan KH Achmad Muksin, Tenggarong, pada Senin (02/10/2023). Dari kegiatan itu pun menghasilkan enam motif batik dengan sentuhan kearifan lokal.

Sekretaris Dinas Koperasi dan UMKM Kukar, Zulfianur, menyebut positif kegiatan tersebut. Ia menekankan pentingnya melestarikan budaya batik sebagai aset nasional yang harus diwariskan kepada generasi muda. Ia mengatakan.

Baca Juga : Empat Siswa SLB Kukar Melenggang ke O2SN Nasional

“Saya dari dinas sangat mengapresiasi kegiatan ini dan meminta ibu-ibu Persit terus berlatih dan menghasilkan ide-ide kreatif karena batik adalah hasil dari ide kreatif yang diwujudkan dalam bentuk pakaian,” ujar Topik kepada awak media.

Sebagai Pemerintah yang tutur membidangi karya seni, Zulfianur memastikan pemkab hadir guna mendorong Batik terutama bernuansa kearifan lokal.

“Batik yang mengusung budaya lokal ini memiliki nilai yang besar, bupati juga telah menyediakan fasilitas dan dukungan keuangan bagi masyarakat yang ingin menciptakan karya-karya lokal,” sebutnya.

Baca Juga : Bupati Kukar Buka MTQ Antar OPD, ASN Jadi Pelopor Gerakan Mengaji

Dirinya berharap dengan adanya batik bernuansa lokal dapat dikenal luas serta mengangkat daerah khususnya Kutai Kartanegara yang masuk dalam Kawasan Ekonomi Khusus (IKN) di Kalimantan Timur oleh Pemerintah Indonesia.

“Karya seni seperti batik ini harus kita perkenalkan sehingga masyarakat kita dapat berkontribusi dalam pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam menyambut IKN,” ucap Topik.

Dikesempatan itu, Zulfianur tak lupa mengucapkan Hari Batik Nasional 2023 kepada masyarakat terutama
ibu Persit Kodim 0906/KKR selaku tuan rumah dalam kegiatan tersebut.

Baca Juga : Kukar Jadi Tujuan Kunjungan Peserta Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat Dua

“Saya ucapkan selamat Hari Batik Nasional 2023,” tutupnya. (ADV)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646