0%
logo header
Minggu, 24 Desember 2023 22:53

Perkuat Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih, KPU Soppeng Gandeng Organisasi Kepemudaan

Rizal
Editor : Rizal
KPU Soppeng menggelar sosialisasi dan pendidikan pemilih pada segmen pemilih muda dalam bentuk Ngopi "Ngobrol Pemilu" di Warkop Prima, Watansoppeng, Sabtu (23/12/2023). (Foto: Istimewa)
KPU Soppeng menggelar sosialisasi dan pendidikan pemilih pada segmen pemilih muda dalam bentuk Ngopi "Ngobrol Pemilu" di Warkop Prima, Watansoppeng, Sabtu (23/12/2023). (Foto: Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, SOPPENG – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Soppeng menggelar sosialisasi dan pendidikan pemilih pada segmen pemilih muda. Kegiatan itu digelar dalam bentuk Ngopi “Ngobrol Pemilu” di Warkop Prima, Watansoppeng, Sabtu (23/12/2023).

Hadir anggota KPU Soppeng, masing-masing Haswinardi dan Lanyala Soewarno. Termasuk Sekretaris KPU Soppeng Andi Bustamin, Kasubag Teknis dan Hupmas KPU Soppeng Murtina, serta anggota PPK Kecamatan Lalabata, Kabupaten Soppeng.

Kegiatan sosialisasi ini juga dihadiri oleh beberapa organisasi kepemudaan. Diantaranya HMI Cabang Soppeng, PMII Cabang Soppeng, IPM Cabang Soppeng, GP Ansor Cabang Soppeng, BEM Universitas Lamappapoleonro, DEM STIH Al-Gazali Soppeng, Kohati HMI Cabang Soppeng, dan IPPNU Cabang Soppeng.

Baca Juga : Demi Gaya Hidup Sehat, Herbathos Kenalkan Produk Herbal di Acara F8 Makassar

Pada kesempatan itu, Plh Ketua KPU Kabupaten Soppeng, Muh Hasbi mengajak para peserta sosialisasi untuk menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2024 mendatang.

“Tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman dan edukasi kepemiluan kepada pemilih pemula dan pemilih muda dengan harapan dapat meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilu 2024. Makanya, saya mengingatkan kepada semua untuk tidak golput,” kata Hasbi.

KPU Soppeng sendiri telah menetapkan daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 181.890 untuk Pemilu 2024 mendatang. Total 53.255 diantaranya merupakan pemilih muda berusia dibawah 30 tahun dan 21.891 merupakan pemilih pemula.

Baca Juga : Pemkab Gowa Susun SOP Layanan Pencegahan Perkawinan Anak

Sementara itu, Kordiv Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Soppeng, Lanyala Soewarno menekankan pentingnya menggunakan hak suara pada pemilu mendatang.

“Lahirnya pemimpin yang berkualitas bergantung pada pemilih yang cerdas. Pemilih muda ini tentunya adalah teman-teman sekalian yang aktif di organisasi kepemudaan. Kita semua juga menjadi garda terdepan dalam meng-counter isu yang berpotensi merusak tatanan demokrasi kita, seperti money politic, isu SARA dan penyebaran berita hoaks,” ujar Soewarno.

Adapun Ketua Umum HMI Cabang Soppeng, Andi Dirga Patalo memberikan catatan khusus kepada penyelenggara pemilu. Ia berharap KPU terus melakukan upaya pendidikan pemilih khususnya bagi segmen pemilih pemuda tersebut.

Baca Juga : Bawaslu Sulsel Temukan Puluhan Dugaan Pelanggaran Netralitas ASN, Pinrang Terbanyak

Menurutnya, pendidikan politik bagi anak muda harus dilakukan dengan sentuhan humanis. Selain tentunya memerlukan pendekatan yang rasional dan cerdas.

“Ini adalah tugas bagi penyelenggara pemilu. Artinya harus benar-benar bisa meyakinkan para pemilih pemula ini,” singkatnya. (*)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646