0%
logo header
Jumat, 07 Juni 2024 06:14

PKK Gowa Geliatkan Pemanfaatan Lahan Pekarangan Rumah Lewat Gerakan Menanam

Chaerani
Editor : Chaerani
Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Gowa Mussadiyah Rauf saat melakukan aksi mananam di lahan pekarangan rumah yang berlangsung di Kelurahan Paccinongan, Kecamatan Somba Opu, kemarin. (Dok. Humas Gowa)
Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Gowa Mussadiyah Rauf saat melakukan aksi mananam di lahan pekarangan rumah yang berlangsung di Kelurahan Paccinongan, Kecamatan Somba Opu, kemarin. (Dok. Humas Gowa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, GOWA — Tim Penggerak PKK Kabupaten Gowa mendorong keterlibatan masyarakat dalam memanfaatkan lahan pekarangan rumah dengan menanam.

Sebagai langkah awal pihaknya melakukan penanaman serentak 30.000 bibit tanaman. Mulai dari bibit cabai, pohon pisang dan pohon pelindung yang dilakukan secara serentak. Gerakan menanam ini dilaksanakan secara daring dan luring di 18 kecamatan yang ada.

Sementara, secara simbolik kegiatan berlangsung di Kelompok Tani Nirannuang, Kelurahan Paccinongan, Kecamatan Somba Opu.

Baca Juga : Aspirasi Masyarakat Jadi Prioritas Karaeng Kio Saat Pimpin Gowa

Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Gowa Mussadiyah Rauf mengatakan, gerakan penanaman serentak tersebut dalam rangka pemanfaatan lahan pekarangan untuk pemenuhan kebutuhan rumah tangga. Termasuk juga mengkampanyekan gerakan tanam cabai, pisang dan pohon pelindung sesuai himbauan dari tim penggerak PKK Provinsi Sulawesi Selatan.

“Tingginya kebutuhan cabai terkadang membuat ketersediaan petani tidak dapat mencukupi kebutuhan. Makanya dengan memanfaatkan lahan rumah ini akan mengurangi pengeluaran dari segi ekonomi. Apalagi menanam cabai cukup mudah sehingga ibu-ibu di kecamatan dapat melakukannya secara mandiri,” katanya dalam kegiatan, kemarin.

Sementara, Mussadiyah yang juga Istri Wakil Bupati Gowa ini mengimbau, kepada seluruh anggota PKK dan masyarakat untuk bersama-sama menanam cabai di pekarangan rumah masing-masing, termasuk memanfaatkan kebun-kebun masyarakat.

Baca Juga : Modena HC Rolling Hill’s Makassar, Tawarkan Outlet Serasa Rumah Sendiri

” Semoga dengan kegiatan ini bisa meningkatkan produksi cabai di kabupaten Gowa sehingga penanganan inflasi akan cabai bisa kita penuhi dan kita bisa menstabilkan harga cabe di pasar, ” ujarnya.

Dengan semangat bergerak bersama PKK tentunya mampu mewujudkan keluarga sejahtera menuju Indonesia maju. Olehnya, diharapkan kontribusi masyarakat untuk menunjukkan komitmen yang kuat dalam membangun kesejahteraan keluarga, serta mendukung visi misi Indonesia maju melalui partisipasi dalam gerakan penanaman cabai dan pohon pelindung di pekarangan rumah ini.

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi.republiknews1@gmail.com atau Whatsapp +62 813-455-28646