0%
logo header
Kamis, 04 Juli 2024 03:15

PKK Tombolopao Kenalkan Gerbang Daeng Sibali, Warga Diajak Kenal Olahan PMT

Chaerani
Editor : Chaerani
Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Gowa Mussadiyah Rauf saat melakukan SMEP di Kecamatan Tombolopao, kemarin. (Dok. Humas Gowa)
Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Gowa Mussadiyah Rauf saat melakukan SMEP di Kecamatan Tombolopao, kemarin. (Dok. Humas Gowa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, GOWA — Tim Penggerak PKK Kecamatan Tombolopao menciptakan inovasi Gerakan Perbaikan Gizi Dengan Mengkonsumsi Bahan Pangan Lokal Berprotein Tinggi (Gerbang Daeng Sibali).

Inovasi ini untuk mengajak masyarakat setempat untuk mengetahui cara mengelola Pemberian Makanan Tambahan (PMT).

Ketua TP PKK Kecamatan Tombolopao, Fitri Astan mengatakan, inovasi ini sementara tengah gencar disosialisasikan ke semua desa di Kecamatan Tombolopao. Gerbang Daeng Sibali dihadirkan, sebab Kecamatan Tombolopao merupakan kecamatan yang dikenal dengan tanaman pangan lokal bernilai gizi tinggi yang sangat melimpah. Sementara, masyarakat masyarakat masih minim pengetahuan dalam mengelolanya sebagai makanan tambahan yang bergizi.

Baca Juga : 67.827 Anak di Kabupaten Gowa Wajib Imunisasi Polio

“Kegiatan ini sementara di sosialisasikan ke semua desa dengan cara memberi contoh pengolahan PMT pangan lokal, ” ujarnya di sela-sela kunjungan TP PKK Kabupaten Gowa saat melakukan Supervisi, Monitoring, Evaluasi dan Pelaporan (SMEP), di Desa Tamaona, Kecamatan Tombolopao, kemarin.

Ia mengungkapkan, Gerbang Daeng Sibali akan menyasar masyarakat di Sembilan desa dan kelurahan di Kecamatan Tombolopao. Terutama orang tua yang memiliki batita, balita dan ibu hamil.

Slain itu, dalam sosialisasi yang dilakukan melibatkan stakeholder terkait termasuk Pemerintah Kecamatan Tombolopao. Dalam proses sosialisasi yang dilakukan hingga saat ini berjalan dengan baik.

Baca Juga : Uji Kelayakan di PKS, IAS Singgung soal Isu Kotak Kosong dan Dampaknya untuk Sulsel

“Alhamdulillah sejauh ini sosialisasi inovasi kami belum menemukan kendala, semoga ini bisa konsisten kami jalankan, ” tuturnya.

Sementara, Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Gowa Mussadiyah Rauf mengatakan, PKK memiliki peran penting dalam menggerakkan masyarakat dan meningkatkan kunjungan dan cakupan sasaran ke Posyandu, serta melakukan monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan intervensi serentak.

“Mari kita berkoordinasi dengan baik dan memastikan setiap program yang telah direncanakan dapat dijalankan dengan baik, ” kata Istri Wakil Bupati Gowa, Abdul Rauf Malaganni ini.

Baca Juga : Adnan-Kio Resmikan Sierra Sky View di Malino, Ribuan Wisatawan Telah Berkunjung

Mussadiyah berharap, dengan hadirnya inovasi Gerbang Daeng Sibali mampu memberikan pengetahuan lebih kepada masyarakat terkait pengolahan bahan pangan lokal bernilai gizi tinggi yang baik.

“Semoga inovasi tersebut bisa membantu masyarakat dalam mengolah bahan pangan yang melimpah ruah di Tombolopao, semoga masyarakatnya lebih mampu berkreasi lagi, ” ujarnya.

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646