0%
logo header
Jumat, 04 Agustus 2023 01:01

Polres Selayar Berduka, Aiptu Ahmad Hidayat Meninggal Dunia Saat Bertugas

Mulyadi Ma'ruf
Editor : Mulyadi Ma'ruf
Proses evakuasi Aiptu Ahmad di Polsek Benteng, Kamis (03/08/2023). (Foto: Andi Rusman)
Proses evakuasi Aiptu Ahmad di Polsek Benteng, Kamis (03/08/2023). (Foto: Andi Rusman)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, KEPULAUAN SELAYAR — Jajaran Polres Kepulauan Selayar berduka pasca meninggalnya Ps. Ka SPKT Polsek Benteng Aiptu Ahmad Hidayat, saat sedang menjalankan Tugas Jaga di Mapolsek Benteng.

Almarhum ditemukan meninggal pada sore kemarin, Kamis (03/08/2023) sekitar Pkl 18.30 wita di dalam Kamar mandi Mapolsek Benteng.

“Almarhum sementara tugas jaga, memang menurut Laporan Pak Kapolsek Benteng, sudah jadi kebiasaan Almarhum memilih mandi di Kantor karena tidak ingin meninggalkan tugas jaga,” kata Kapolres Kepulauan Selayar AKBP Ujang Darmawan Hadi Saputra.

Baca Juga : 33 Anggota Panwas se-Kabupaten Selayar Dilantik, Berikut Nama-namanya

Lebih lanjut Kapolres menyampaikan duka cita yang mendalam khususnya kepada Keluarga Besar Almarhum.

“Saya sebagai Kapolres menyampaikan Duka Cita yang sedalam-dalamnya, semoga Almarhum Husnul Khatimah dan keluarga diberikan kesabaran dan ketabahan menghadapi cobaan ini. Kami terus berkoordinasi dengan Pihak Keluarga untuk penanganan  Jenazah dan Prosesi Pemakaman secara Kedinasan,” tambah Kapolres.

Kronologi ditemukannya Almarhum dalam keadaan meninggal dijelaskan Kasat Reskrim Iptu Nurman, yang memimpin langsung olah TKP yang dilakukan pihak penyidik.

Baca Juga : Dansatgas TMMD Selayar Pimpin Peletakan Tegel Rehab Masjid Berusia 40 Tahun di Bonea Timur

Ia menjelaskan bahwa berdasarkan keterangan awal dari rekan jaga Almarhum, Bripka Agus, ia sementara akan mandi sore dan berdasarkan hasil oleh TKP kesimpulan sementara diduga kuat yang bersangkutan terjatuh di Kamar Mandi.

Ia menambahkan, bahwa berdasarkan informasi dari pihak keluarga dan rekan-rekan Almarhum. Aiptu Ahmad Hidayat memang saat ini dalam status rawat jalan, dan rutin melakukan chek up ke rumah sakit Bhayangkara Makassar.

“Baru minggu lalu Almarhum pulang dari Rumah Sakit Bhayangkara setelah melakukan kontrol karena sakit Jantung yang dideritanya. Saat ditemukan Almarhum dalam keadaan tertelungkup di dalam kamar Mandi,” kata Kasat Reskrim.

Baca Juga : Kebakaran di Patori, Kapolres Selayar Imbau Warga dan PLN Antisipasi Instalasi Listrik Bermasalah

Wakapolres Kompol Abdul Rahman yang memimpin langsung proses evakuasi mengatakan bahwa setelah mendapatkan Laporan ia langsung ke TKP.

“Air dari dalam kamar mandi meluap ke luar, setelah diketuk-ketuk tidak ada jawaban dari dalam kamar mandi yang terkunci tersebut. Saya lalu perintahkan Anggota untuk melihat ke dalam melalui cela kamar mandi yang ada dan ternyata Almarhum terlihat sudah terjatuh di lantai, sehingga saya perintahkan untuk didobrak. Setelah pintu terbuka ternyata Almarhum sudah dalam keadaan meninggal dunia,” ungkap Wakapolres.

Saat ini, Jenazah Almarhum telah dibawa ke RS untuk dilakukan visum guna memastikan penyebab meninggalnya Almarhum.

Baca Juga : Bina Solidaritas TNI dan Warga Gotong Royong Bersihkan Pasar Rakyat Lembang Bau

Berdasarkan catatan riwayat kedinasan Bag Sumda Polres Kepulauan Selayar, Aiptu Ahmad Hidayat lahir di Tana Toraja,  22 Oktober 1966.

Almarhum bertugas di Selayar sejak Tahun 1988 sebagai Bintara Polres. Ia pernah menjabat sebagai Kanit 2 Sat Reskrim pada tahun 2005, Kanit P3D Polres pada 2006, Kapospol Pasilambena Tahun 2006,  Kanit Reskrim Polsek Bontoharu dan Polsek Pasimarannu pada Tahun 2007-2008, dan terakhir menjabat sebagai Ka SPKT 1 Polsek Benteng.

Almarhum juga tercatat pernah mendapat Penghargaan Satya Lencana Pengabdian dari Presiden Republik Indonesia.

Baca Juga : Bina Solidaritas TNI dan Warga Gotong Royong Bersihkan Pasar Rakyat Lembang Bau

Almarhum meninggalkan seorang Istri dan 5 anak, salah satu diantara anaknya mengikuti jejaknya menjadi seorang Anggota Polri dan saat ini sementara bertugas di Papua. (*)

Penulis : Andi Rusman
Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi.republiknews1@gmail.com atau Whatsapp +62 813-455-28646