0%
logo header
Sabtu, 09 April 2022 13:12

Potensi Arus Laut di Selat Larantuka Akan Didesain sebagai Energi Pembangkit Listrik

Perahu penyeberangan antar Pulau saat melewati arus Gonsalu yang terletak di Selat Larantuka, Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT). (Dok. Republiknews.co.id)
Perahu penyeberangan antar Pulau saat melewati arus Gonsalu yang terletak di Selat Larantuka, Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT). (Dok. Republiknews.co.id)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, FLORES TIMUR — Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat menyebut, provinsi yang dipimpinnya memiliki sumber energi baru  yang sangat melimpah.

Sehingga, sangat dibutuhkan dukungan pemerintah pusat agar sumber energi tersebut dapat dimanfaatkan untuk memasok kebutuhan listrik nasional. Bahkan menurut Viktor, bisa diekspor hingga ke luar negeri.

“Kita punya kekayaan energi juga yaitu energi listrik tenaga surya itu ada di Sumba, dan juga ada energi listrik dari arus laut. Kita sedang desain untuk energi listrik arus laut itu dengan pemanfaatan arus luat antara Flores Timur dan Adonara,” kata Gubernur kepada Wartawan disela-sela kunjungannya di desa Riangkemie,  Kecamatan Ile Mandiri, Kabupaten Flores Timur, Jumat (08/04/2022) kemarin.

Baca Juga : Hadiah Sapi, Wagub NTT Buka Lomba Pacuan Kuda di Ngada

Disinggung soal energi arus laut dan nasib jembatan Palmerah, Viktor Laiskodat mengatakan jembatan Palmerah tidak masuk dalam desain tersebut, hanya saja tambah Viktor, jika pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur  memiliki cukup uang, maka akan menggunakan jembatan.

“Dia tidak akan ke jembatan, kita akan pasang alatnya untuk diputar dan turbinya di bawah lalu akan disambungkan ke listrik. Jadi saat ini kita perlu listriknya saja dulu, sedangkan jembatannya nanti baru menyusul,” kata Viktor Laiskodat.

Gubernur menambhakan, perlu teknologi-tekhnologi yang sangat portabel, kecil dan mudah di simpan di dasar laut. Sehinga lanjutnya, tidak menghambat arus lalulintas pelayaran kapal dari dan ke Larantuka.

Baca Juga : P4KF Terus Berjuang, Partai Hanura NTT Dukung Pembentukan Provinsi Kepulauan Flores

Viktor menyebut, pengembangan sumber energi pembangkit listrik merupakan suatu keharusan, karena dunia sedang bergerak ke arah itu. (*)

Penulis : Tarwan Stanislaus
Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646