0%
logo header
Selasa, 11 Januari 2022 15:14

Presiden Jokowi: Vaksin Booster Dimulai Besok dan Gratis

Arnas Amdas
Editor : Arnas Amdas
Presiden RI, Joko Widodo.
Presiden RI, Joko Widodo.

REPUBLIKNEWS.CO.ID, JAKARTA — Presiden Jokowi memastikan vaksinasi booster akan dimulai besok, Rabu (12/01/2022).

“Saya telah memutuskan pemberian vaksin ketiga gratis bagi seluruh masyarakat Indonesia. Karena sekali lagi keselamatan rakyat yang utama,” ujar Jokowi dalam konferensi pers di Istana Negara seperti dikutip dari akun Youtube Setkab, Selasa (11/01/2022).

“Terkait pelaksanaan dosis pada esok, pemerintah memberikan prioritas lansia dan kelompok rentan. Upaya ini penting meningkatkan kekebalan tubuh masyarakat, mengingat virus covid yang terus bermutasi,” ujar Jokowi.

Baca Juga : Presiden Jokowi Dorong Kemudahan Akses Permodalan bagi Pelaku UMKM

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) resmi menerbitkan izin penggunaan darurat atau Emergency Use Authorization (EUA) untuk 5 vaksin Covid-19 yang akan digunakan sebagai vaksinasi dosis ketiga atau booster di Indonesia.

Pemerintah juga telah menetapkan program vaksin Covid-19 booster dimulai pada Rabu 12, Januari 2022.

Kepala BPOM Penny K Lukito menjelaskan, saat ini, vaksin Covid-19 booster dibutuhkan untuk mempertahankan efikasi vaksin terhadap infeksi Covid-19. Vaksin Covid-19 booster ini juga sesuai dengan rekomendasi WHO.

Baca Juga : Presiden Jokowi Putuskan Nama Ibu Kota Negara di Kalimantan Timur “Nusantara”

Penny juga memastikan, vaksin Covid-19 yang mendapatkan EUA ini sudah melalui proses-proses evaluasi bersama Tim Ahli Komite Nasional Penilai Obat atau Baksin.

“Dan telah mendapatkan rekomendasi memenuhi persyaratan yang ada sehingga bisa dilanjutkan dengan proses pemberian EUA,” jelas Penny.

Penulis : Wahyu Widodo
Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi.republiknews1@gmail.com atau Whatsapp +62 852-9999-3998