Profil Wakil Bupati Gowa, Karier Berawal dari Penyuluh Pertanian

0
Wakil Bupati Gowa, Abdul Rauf Malaganni.

REPUBLIKNEWS.CO.ID, GOWA — Tegas dan berkomitmen. Inilah dua prinsip yang melekat pada seorang Abd Rauf Malaganni yang dikenal sebagai Wakil Bupati Gowa dua periode.

Dengan komitmennya untuk melihat pembangunan daerah kelahirannya dapat terus berlanjut. Ia pun kembali mendampingi Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan untuk periode 2021-2026.

Sebelum dikenal masyarakat luas sebagai Wakil Bupati Gowa, Karaeng Kio sapaan akrabnya memulai karirnya di pemerintahan dengan perjalanan yang cukup panjang. Menyelesaikan program Diploma 3 nya di Akademi Penyuluh Pertanian Kabupaten Gowa selama dua tahun (1983-1995), dirinya kemudian menjadi seorang penyuluh pertanian, di Kantor Lurah Lanna, Kecamatan Parangloe.

Dengan prinsip kerja yang embannya, dirinya pun dipilih menjadi Sekretaris Camat di Kecamatan Manuju, hingga akhirnya menjadi Camat Manuju,

Sementara di skala pemerintah kabupaten, pria kelahiran 29 Desember 1958 ini pernah menjabat sebagai Kepala Bagian Pemerintahan Sekretariat Kabupaten Gowa dan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Gowa hingga 2009 lalu pada Kepemimpinan Bupati Ichsan Yasin Limpo.

Kemudian sebelum memutuskan untuk mendampingi Adnan Purichta Ichsan pada Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2015 lalu, suami dari Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Gowa Hj. Mussadiyah Rauf ini menjabat sebagai Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Gowa.

“Dalam bekerja kita harus serius dan bersungguh-sungguh. Mematuhi apa yang menjadi perintah atasan, prinsip ini yang selalu saya bawah dalam memegang amanah,” kata Abd Rauf.

Seluruh pengalamannya di pemerintahan juga ia dapatkan pada wadah organisasi. Seperti Palang Merah Indonesia (PMI), Kesatuan Organisasi Serbaguna Gotong Royong (Kosgoro), BNK dan Pramuka.

Beberapa jabatan dalam organisasi pun pernah diembannya. Seperti menjabat sebagai Wakil Ketua PMI pada 2013 dan kini sebagai Ketua PMI Kabupaten Gowa, kemudian Ketua BNK Kabupaten Gowa pada 2016, Wakil Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Kabupaten Gowa, dan Wakil Ketua Kesatuan Organisasi Serbaguna Gotong Royong (Kosgoro) pada 2011.

Tak hanya itu berbagai prestasi dan tanda jasa pun telah diraihnya. Diantaranya, Satyalencana Karya Satya dari Presiden Republik Indonesia pada 2007 dan penghargaan Lencana Pancawarsa III Gerakan Pramuka Tahun 2020 dari Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sulawesi.

Ayahanda dari Annisa Verawati Rauf, Ratih Istiqamah Rauf dan Ningrum Sekarsari Rauf ini menyelesaikan pendidikannya hingga pada program magister. Karaeng Kio menyelesaikan pendidikan sekolah dasarnya di SD Negeri Parangloe pada 1966-1972, kemudian sekolah menengah pertama di SMP Negeri Sungguminasa pada 1972-1977, selanjutnya menyelesaikan pendidikan sekolah menengah atasnya di SMA Negeri Sungguminasa pada 1977-1981.

Untuk program Diploma III ia menyelesaikan di Akademi Penyuluh Pertanian Kabupaten Gowa pada 1983-1995, selanjutnya program sarjana (S1) di Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Ujung Pandang pada 1998-2003 dan gelar magisternya ia selesaikan di Pasca Sarjana Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya pada 2004-2006. (Rhany)

Tinggalkan Balasan