0%
logo header
Kamis, 23 Juni 2022 17:26

Program Beasiswa September Abad Siap Dilanjutkan, Pemkab Gowa Teken Kerjasama Dengan UMI

Arnas Amdas
Editor : Arnas Amdas
Program Beasiswa September Abad Siap Dilanjutkan, Pemkab Gowa Teken Kerjasama Dengan UMI

REPUBLIKNEWS.CO.ID, GOWA — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa siap melanjutkan program beasiswa Investasi Sumber Daya Manusia Seperempat Abad yang sebelumnya diinisiasi oleh Bupati Gowa Almarhum Ichsan Yasin Limpo.

Sebagai langkah awal Pemkab Gowa melakukan penandatangan kesepakatan bersama Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar.

Penandatanganan kerjasama dilakukan di sela-sela perayaan Puncak Milad ke-68 UMI Makassar di Auditorium Al-Jibra Kampus II UMI Makassar.

Baca Juga : Bupati Gowa Minta Kebijakan Penghapusan Honorer Dikaji Kembali

Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan mengatakan, kerjasama ini berkaitan dengan penelitian, pengabdian pada masyarakat serta pendidikan dan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) di Kabupaten Gowa.

“Ini juga bagian tindaklanjut dari program peningkatan SDM Kabupaten Gowa yaitu program Investasi SDM Seperempat Abad,” kata Adnan, Kamis (23/06/2022).

Adnan menjelaskan, implementasi program ini nantinya diterapkan dalam bentuk beasiswa kepada anak-anak di desa yang dinilai cukup berprestasi.

Baca Juga : Adnan Ajak PDTDI Bantu Persoalan Stok Darah di Sulsel

Nantinya pemerintah akan melibatkan universitas-universitas terbaik yang ada di Sulawesi Selatan, salah satunya UMI Makassar.

“Kita berharap dengan adanya kerjasama ini, kualitas SDM kita di Kabupaten Gowa semakin baik di masa yang akan datang. Karena kalau kita mau lihat kemajuan daerah bangsa dan negara, maka lihatlah SDMnya,” ungkapnya.

Adnan menjelaskan, program beasiswa ini nantinya akan menggunakan anggaran daerah melalui anggaran desa. Di mana anak-anak yang akan dikuliahkan adalah mereka dari ekonomi pra sejahtera dan berprestasi.

Baca Juga : Support Atlet Bertanding di POPDA Sulsel, Bupati Gowa Saksikan Langsung Pertandingan

Sementara untuk penelitian dan pengabdian masyarakat nanti, mahasiswa dari UMI akan melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) ataupun Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kabupaten Gowa.

Sementara itu, Kepala Bagian Kerjasama Sekretariat Daerah Kabupaten Gowa, Emy Pratiwi Hosen menjelaskan setelah penandatanganan ini akan kanjutkan dengan perjanjian kerjasama khusunya berkaitan dengan Program Investasi Seperampat Abad.

“Kesepakan bersama ini kemudian akan kita tindaklanjuti dengan perjanjian kerjasama terutama program peningkatan SDM yaitu program Investasi Seperempat Abad. Ini yang sementara kita rampungkan,” tambahnya.

Baca Juga : 48 Kafilah Asal Gowa Siap Ikuti 23 Perlombaan MTQ Tingkat Provinsi

Sementara Rektor UMI, Prof Basri Modding dalam sambutannya megatakan di usia ke-68 ini, UMI Makassar akan trus melakukan pengeloaan universitas berstandar asia dan berkelas dunia, sehingg diharapkan dapat melahirakan SDM yang berdaya saing tinggi dengan karakter ke-UMI-an.

“Semoga kedepan dengan kekuatan jamaah dan berkat bimbingan dan petolongan Allah SWT, dan doa dari kita semua, UMI dan seluruh lembaga dalam lingkup Yayasan Waqaf UMI dapat lebih maju, mengembangkan diri dan memberi manfaat dalam menghasilkan SDM yang berilmu amaliah, beramal ilmiah dan berakhlakul karimah serta berdaya saing tinggi,” harapnya.

Penulis : Chaerani
Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646