Program Universal Health Coverage Wajo Jamin Kesehatan Masyarakat Bumi Lamaddukkelleng

  • Bagikan

REPUBLIKNEWS.CO.ID, WAJO — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wajo memiliki program kartu Pammase yang manfaatnya untuk menjamin Kesehatan masyarakat khususnya di Bumi Lamaddukkelleng.

Kartu Pammase adalah komitmen Pasangan Bupati Amran Mahmud dan Wakil Bupati Amran SE dalam hal pelayanan Kesehatan gratis masyarakat.

Hal ini terwujud melalui bantuan pembayaran Iuran BPJS Kesehatan untuk mencapai Universal Health Coverage (UHC) atau jaminan Kesehatan semesta.

Kadis Kesehatan Kabupaten Wajo, Armin, menjelaskan bahwa langkah tersebut merupakan komitmen Bupati Wakil Bupati Wajo menyiapkan jaminan Kesehatan gratis melalui program UHC di Wajo.

“Kita diperintahkan untuk mengupayakan agar semua masyarakat di Kabupaten Wajo memiliki jaminan Kesehatan,” ucap Armin, Rabu (06/10/2021).

Sebutnya bahwa tahun 2021 pihaknya menganggarkan sekitar Rp 56 Miliar melalui APBD untuk membayar iuran masyarakat golongan PBI untuk JKS-KIS.

“Meskipun refocusing anggaran akibat Pandemi covid-19, Pemda tetap berkomitmen untuk pemenuhan program UHC,” sebutnya.

Lanjutnya bahwa masyarakat yang akan mengurus kartu BPJS akan aktif pada saat itu tanpa menunggu 14 hari.

“Dalam keadaan darurat pasien tidak perlu menunggu dan penerbita kartu JKN-KIS atau peralihan dari Mandiri ke PBI APBD melalui Dinsos Wajo,” kata Armin. (Yusuf)

  • Bagikan