0%
logo header
Senin, 11 September 2023 09:12

PT SJAM Buka-bukaan Alasan di Balik Kuatnya Rangka Motor Yamaha

Rizal
Editor : Rizal
Kegiatan pengenalan dan uji rangka motor Yamaha yang digelar PT Suracojaya Abadimotor (SJAM) di Suraco Building, Jalan AP Pettarani, Makassar, Jumat (8/9/2023). (Foto: Istimewa)
Kegiatan pengenalan dan uji rangka motor Yamaha yang digelar PT Suracojaya Abadimotor (SJAM) di Suraco Building, Jalan AP Pettarani, Makassar, Jumat (8/9/2023). (Foto: Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MAKASSAR – Maraknya pemberitaan rangka keropos motor belakangan ini membuat PT Suracojaya Abadimotor (SJAM) buka-bukaan rangka Yamaha. Hal ini dilakukan untuk memberikan rasa yakin dan aman kepada konsumen.

Dalam kegiatan pengenalan dan uji rangka motor Yamaha di Suraco Building, Jalan AP Pettarani, Makassar, Jumat (8/9/2023) lalu, PT SJAM memperlihatkan tiga jenis rangka yang jadi pondasi motor Yamaha.

Sepeda motor Yamaha memiliki tiga jenis rangka. Pertama adalah underbone yang digunakan pada semua tipe motor matik Yamaha. Kedua adalah delta box seperti di Vixion, R15, MT 15 dan XSR 155.

Baca Juga : Indosat dan Google Cloud Komitmen Wujudkan Pengalaman Digital Berbasis AI di Indonesia

Model rangka ketiga yaitu diamond khusus untuk motor R 25, MT 25. Rangka model diamond juga memiliki satu model turunan yaitu semi double credle yang digunakan pada motor WR155.

Area Service Development PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Ahsan Lutfi mengatakan bahwa Yamaha memiliki rangka dengan bahan utama baja karbon tipe JIS G 3445 berbentuk pipa tubular, dengan ketebalan 2,3 mm. Sambungan rapi berkat las robot serta lubang air.

“Bahan utamanya ini tidak pernah Yamaha ganti. Mengikut teknologi seperti saluran air ini yang sudah diterapkan dari unit Yamaha jauh sebelumnya,” kata Lutfi.

Baca Juga : Jelang Idul Adha, TPID Gowa Cek Stok dan Harga Bahan Pokok di Pasar Tradisional

Lebih detail, ia menjelaskan jika rangka Yamaha sebelum dirakit akan melewati uji coba. Yamaha melakukan uji kekuatan pengelasan setiap produksi dan pengetesan cat yang disemprotkan air garam selama 240 jam atau setara dengan 10 hari.

Rangka yang digunakan pada setiap sepeda motor Yamaha, kata Lutfi telah dicat dengan cara dicelup.

“Dicelupnya juga dialiri listrik agar catnya ini menempel sempurna tanpa ada gelembung udara pada besi rangka. Cara ini juga sebagai pendukung ketahanan rangka, karena seluruh lapisan besi rangka terlapisi,” jelas Lutfi.

Baca Juga : Keluarkan Rekomendasi, Telapak Tegaskan Tak Ada Pelanggaran HAM di Kawasan Konsesi Blok Tanamalia PT VI

Teknologi lain yang diterapkan Yamaha untuk setiap rangkanya adalah saluran air atau drain hole. Saluran air ini memastikan cairan yang masuk ke rangka akan bisa keluar, sehingga air tidak tergenang, yang mudah membuat karat.

General Manager After Sales PT SJAM Kurniadi menambahkan, hingga saat ini, tidak ada kasus konsumen mengeluh rangka patah akibat keropos.

“Hingga saat ini, tidak ada karyawan yang datang mengeluhkan kerangka yang patah akibat keropos. Semuanya sudah teruji awet dan kuat,” demikian Kurniadi. (*)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi.republiknews1@gmail.com atau Whatsapp +62 813-455-28646