0%
logo header
Rabu, 02 Februari 2022 17:41

Puluhan Kilo Ganja Siap Edar Diamankan Satres Narkoba Polres Metro Bekasi Kota, Tiga Pelaku Diringkus

Redaksi
Editor : Redaksi
Konferensi Pers Pengungkapan Jaringan peredaran Narkotika Jenis Ganja, di Polres Bekasi Kota, Rabu (02/02/2022).
Konferensi Pers Pengungkapan Jaringan peredaran Narkotika Jenis Ganja, di Polres Bekasi Kota, Rabu (02/02/2022).

REPUBLIKNEWS.CO.ID, BEKASI — Jajaran Polres Metro Bekasi Kota berhasil menggagalkan distribusi ganja dari Medan ke Bekasi.

Terkait kasus itu, dilaksanakan Konferensi Pers yang dipimpin oleh Kabid Humas Polda Metro jaya Kombes Pol Endra Zulpan, didampingi Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Pol Hengki, Wakapolres AKBP Rama Samtama Putra, Kasat Narkoba Kompol Guntur, terkait pengungkapan jaringan peredaran Narkotika jenis Ganja, di Lobi Polres Bekasi Kota, Rabu (02/02/2022).

“Satres Narkoba Polres Metro Bekasi Kota berhasil mengungkap jaringan peredaran Narkotika jenis ganja seberat 31 kilogram”,jelas Kabid Humas Polda Metro Jaya.

Baca Juga : Ikuti Arahan Kapolri, Anggota Polda Metro Jaya Diperiksa Terkait Kasus Brigadir J

“Lebih lanjut Satresnarkoba Polres Metro Bekasi telah berhasil mengamankan 3 orang tersangka Kasus Jaringan peredaran Narkotika jenis Ganja Seberat 31 kilogram,” jelasnya.

Selanjutnya Zulfan mengatakan petugas melakukan pembelian terselubung berpura-pura menjadi konsumsen memesan barang haram tersebut terhadap pelaku di wilayah Jati Bening. Namun pemesan barang yang sudah dijanjikan dialihkan ke wilayah parung Bogor guna beralasan ada uang ada barang. Informan menyanggupi wilayah yang disepakati.

Anggota subdit narkoba bergerak sesuai dengan petunjuk pelaku. “Nah sekitar jam 19.00 wib pelaku sudah berada di lokasi dan terjadi transaksi pelaku langsung ditangkap dan berikut barang bukti 1kg ganja,” ungkap Zulpan.

Baca Juga : Ribuan Butir Ekstasi Disita, Polda Metro Jaya Bekuk Dua Kurir

Dikatakan Zulpan dengan keberhasilannya mengamankan 1 Kg Ganja dari penangkapan awal terhadap pelaku di dapat informasi bahwa barang bukti lainya kemudian petugas meluncur ketempat tinggal pelaku dijalan Kali Suren, Parung, Bogor.

“Di rumah pelaku Polisi mendapati bukti tambahan 24 bungkus ganja kering seberat kurang lebih 24 Kilogram dan 14 bungkus seberat 7 Kilogram barang bukti tersebut dibawa ke Polres Metro Bekasi Kota,” urai Zulpan.

Barang bukti puluhan kilo ganja, Polisi kembali melakukan pengembangan dari pelaku NH bahwa Ganja yang dipegang pelaku didapat dari pelaku BN yang diangkut menggunakan mobil untuk dikirim ke Jati Bening Kota Bekasi.

Baca Juga : Polisi Tangkap Pengekspor Biji Coca Mengandung Kokain Dimasukkan Kedalam Boneka Kecil

“Sekitar jam 17.00, Jumat, 28 Januari 2022 BN ditangkap,” terang Zulpan.

Kemudian kata Zulpan lagi, meskipun dua pelaku NH dan BN sudah ditangkap, anggota tidak berhenti disitu dengan melanjutkan pengembangan dan pengejaran kepada seseorang berinisial AL. Pasalnya, dari keterangan NH diakui bahwa barang bukti yang ada pada dirinya milik AL (Asmui Lubis red).

“Petugas berhasil mengamankan AL di rumahnya sekitar 23.00 Wib, Jumat (28/01/2022) di Jalan Jaman Nairin, Sasak Panjang, Tanjung Halang, Bogor,” pungkas Zulpan.

Baca Juga : Dua Suporter Persib Dipukul Pakai Stik Golf, Polisi Bekuk Pelakunya

Zulpan mengatakan, dari penggeledahan rumah yang dihuni pelaku AL, petugas menemukan ganja seberat 250 gram dan dua buah plastik yang berisikan ganja seberat 100 gram dan 1 hp,” terang Zulpan.

Dari pengungkapan kasus tersebut berhasil diamankan NH (Nakata Hasibuan) als (T) Tata, Laki-laki, BN (Baharuddin Nasution) Laki-laki, AL (Asmui Lubis) Laki- laki

Berikut barang bukti yang disita:

Baca Juga : Dua Suporter Persib Dipukul Pakai Stik Golf, Polisi Bekuk Pelakunya

1)   Ganja 31 kg

2)   1 (Satu) Buah timbangan Warna Merah Merk Kenmaster

3)   1 (Satu) Buah Handphone merk Nokia 1280 Warna Biru Beserta simcard

Baca Juga : Dua Suporter Persib Dipukul Pakai Stik Golf, Polisi Bekuk Pelakunya

4)   1 (Satu)  Unit Mobil Suzuki APV warna Silver Dengan Nomor BM 1402 AW

5)   1 (Satu) Buah Handphone merk Infinix Smart 5 Warna Biru Beserta simcard

6).  1 (Satu) Buah Handphone merk Nokia 1280 Warna Biru Beserta simcard dengan no TLP yang berbeda.

Baca Juga : Dua Suporter Persib Dipukul Pakai Stik Golf, Polisi Bekuk Pelakunya

Tersangka dikenakan Pasal 114 ayat (2), subsider Pasal 112 (2), Jo Pasal 132 ayat (1) UU RI nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika, dengan pidana mati, pidana penjara seumur hidup, atau pidana paling singkat 6 (enam) tahun dan paling lama 20 (dua puluh) tahun.

Penulis : Wahyu Widodo
Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646