Puluhan Rumah di Pulau Sembilan Sinjai Rusak Diterjang Angin Puting Beliung

  • Bagikan
Kondisi Rumah Warga pasca diterjang angin puting beliung Pulau Padaelo, Kecamatan Pulau Sembilan, Kabupaten Sinjai, Selasa (17/11/2021).

REPUBLIKNEWS.CO.ID, SINJAI — Sebanyak 15 rumah warga di Dusun Pulau Kondingare, Pulau Padaelo, Kecamatan Pulau Sembilan, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan rusak parah akibat diterjang Angin Puting Beliung.

Kepala BPBD Kabupaten Sinjai Budiaman mengatakan, angin puting beliung yang menerjang rumah warga Dusun Kondingare terjadi sekitar pukul 23.40 wita, Selasa (17/11/2021) malam.

Dari 15 unit rumah non permanen yang diterjang angin puting beliung tersebut kata Budiaman, mengalami kerusakan bagian atap. 8 unit rumah mengalami rusak berat, 3 rumah rusak sedang dan 4 unit rumah rusak ringan.

“Tidak ada korban jiwa namun kerugian material diperkirakan Rp65 juta,” ucap Budiaman saat dikonfirmasi, Rabu (17/11/2021).

Hingga saat ini menurut Budiaman, warga Dusun Kondingare yang terkena musibah masih bertahan di rumahnya masing-masing dan hari ini, mereka sementara melakukan pembersihan dan perbaikan.

Untuk itu, warga yang terdampak  berinisiatif menutupi atap untuk menghindari kerusakan perabot dan lantai rumah dikarenakan saat ini musim hujan.

” Sementara kami melakukan assesmen, karena jumlahnya lebih dari 10 rumah maka laporannya akan diteruskan ke Provinsi Sulawesi Selatan,” ungkapnya.

Budiaman mengimbau masyarakat Kabupaten Sinjai untuk meningkatkan kewaspadaan, karena kondisi dan situasi cuaca saat ini tidak menentu dan ekstrem, bahkan bisa berpotensi terjadinya bencana alam dan lainnya.

“Kami menyarankan kepada masyarakat untuk tetap waspada, karena kondisi cuaca saat ini tidak bisa di prediksi,” kuncinya. (Asrianto)

  • Bagikan