0%
logo header
Jumat, 15 Maret 2024 21:36

Puskesmas Paccellekang Bersama Satgas TMMD Gowa Beri Penyuluhan Kesehatan

Chaerani
Editor : Chaerani
Puskemas Paccellekang, Desa Panaikang, Kecamatan Pattalassang bersama Satgas TMMD Ke-119 Kodim 1409/Gowa saat memberikan penyuluhan kesehatan kepada masyarakat setempat, Jumat, (15/03/2024). (Dok. Humas Gowa)
Puskemas Paccellekang, Desa Panaikang, Kecamatan Pattalassang bersama Satgas TMMD Ke-119 Kodim 1409/Gowa saat memberikan penyuluhan kesehatan kepada masyarakat setempat, Jumat, (15/03/2024). (Dok. Humas Gowa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, GOWA — Puskemas Paccellekang, Desa Panaikang, Kecamatan Pattalassang bersama Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-119 Kodim 1409/Gowa memberikan penyuluhan kesehatan kepada masyarakat setempat.

Kegiatan ini menjadi salah satu kegiatan TMMD Kodim Gowa dalam rangka membantu akselerasi pembangunan di daerah dan tingkatkan kemanunggalan TNI dan rakyat.

Dalam kegiatan hadiri Kepala Puskesmas Paccellekang dr. Gandi Iswanto, Pasi Ter Kodim 1409/Gowa, Kapten Arm Santoso R, Camat Pattalassang, Andi Pangerang Suaib, Sekdes Panaikang, Supriadi,.dan 50 orang masyarakat.

Baca Juga : Gandeng Media, Bawaslu Sulsel Perkuat Kinerja Kehumasan Jelang Pilkada Serentak 2024

Kepala Puskesmas Paccellekang dr. Gandi Iswanto menjelaskan, penyuluhan yang bertema “Darma Bakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan di Wilayah” serta Gerakan Masyarakat Hidup Bersih dan Sehat sangat penting bagi kehidupan masyarakat.

“Kami mengajak agar masyarakat berperan dalam Gerakan Masyarakat Hidup Bersih Dan Sehat (Germas). Sebab sekarang ini telah terjadi pergeseran penyakit, misalkan sepuluh tahun sebelumnya penyakit menular lebih tinggi dibanding penyakit yang tidak menular,” katanya di sela-sela kegiatan, di Kantor Desa Panaikang, Kecamatan Pattalassang, Jum’at (15/03/2024).

Ia mengungkapkan, tujuan Germas ialah menurunkan beban penyakit dan beban biaya. Sebab, meminimalisir dengan mencegah jauh lebih baik dari pada mengobati.

Baca Juga : Surya Paloh Imbau Kader NasDem Solid Menangkan Duet ASS-Fatma di Pilgub Sulsel 2024

“Tujuan kami ialah pencegahan preventif dari Germas ini ialah aktivitas fisik, mengonsumsi sayur dan buah, tidak merokok, dan tidak mengonsumsi alkohol,” ujarnya.

Selain itu, memeriksa kesehatan secara rutin, membersihkan lingkungan, hingga jalan sehat.

Sementara, Pasi Ter Kodim 1409/Gowa Kapten Arm Santoso R mengatakan, penyuluhan kesehatan sangat perlu diberikan kepada seluruh masyarakat. Hal ini guna mengajak seluruh lapisan masyarakat supaya berperilaku hidup bersih dan sehat.

Baca Juga : Lewat CSR Penanaman Mangrove di Berbagai Daerah, Yamaha Indonesia Upayakan Reduksi Emisi Karbon

“Kita berharap dengan pemberian penyuluhan itu, masyarakat mengerti dan paham, sehingga ikut berperan pada Germas di lingkungan masing masing,” katanya.

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646