Rakor Pemantapan Festival Lagaligo III, Masing-Masing Bidang Paparkan Bentuk Kegiatan

0
Rapat koordinasi pemantapan pelaksanaan Festival I Lagaligo III, di Sekretariat, Jalan Kemakmuran, Watansoppeng, Kabupaten Soppeng, Rabu (31/10/2018).

REPUBLIKNEWS.CO.ID, SOPPENG — Rapat koordinasi pemantapan pelaksanaan Festival I Lagaligo III, berlangsung di Sekretariat, Jalan Kemakmuran, Watansoppeng, Kabupaten Soppeng, Rabu (31/10/2018).

Dalam rapat tersebut, seluruh bidang masing-masing memaparkan bentuk kegiatan yang akan ditampilkan pada perayaan Festival I Lagaligo III yang dipusatkan di Kabupaten Soppeng, mulai tanggal 17 hingga 23 Desember 2018 mendatang.

Rapat pemantapan ini dipandu oleh sekertaris panitia, Agus Fh Rauf, dihadiri Asisten I Pemkab Soppeng Sarianto, Ketua Panitia Festival I Lagaligo III Farouk M Adam, Pemerhati Budaya, Bau Waris dan Ketua Panitia Internasional Muhlis dari Universitas Hasanuddin serta sejumlah SKPD terkait.

Perayaan Festival Internasional I Lagaligo III ini terdapat 2 kegiatan besar yang akan diselenggarakan yakni Seminar Internasional yang di back-up Unhas Makassar dan Festival Rakyat.

Asisten I Sarianto dalam arahannya mengatakan bahwa pertemuan ini merupakan penguatan yang akan dibicarakan antara kompartemen dengan pihak SKPD.

“Kegiatan Festival I Lagaligo III harus disupport karena ini merupakan kegiatan pemerintah Kabupaten soppeng, Ini Siri karena event internasional,” kata Surianto.

Sedangkan Badan Promosi Daerah selaku Ketua panitia Festival I Lagaligo III Farouk M Adam menjelaskan bahwa pihak Unhas yang akan menghendel seminar Internasional I Lagaligo III.

“Hasil seminar festival I Lagaligo III nantinya akan diterbitkan,” ungkap Farouk M Adam.

Berikut 2 Kompartemen memaparkan bentuk kegiatan yang akan di lakukan yakni Kompartemen Budaya mengungkapkan bahwa Mattaro Watu di 7 titik sudah di lakukan sedangkan kegiatan intinya nanti di lokasi waduk ompo dan lapangan gasis terkait kirab Budaya seperti Pasukan Berkuda, Pasukan Bendi, Prosesi adat dengan oni-oni toriolo dan tari massal.

Untuk permainan kompartemen Budaya akan menampilkan Mallongga, Maddaga, Majjeka, Massallo, Massawung, Massempe, Mallogo sedang Benda Pusaka seperti Sere Api serta akan membangun kampung Budaya selama 6 hari yang pesertanya masing-masing utusan Kecamatan, mendirikan bangunan unit Tempo Doloe dengan menyiapkan Kuliner dan permainan tradisional.

Kompartemen Seni akan menampilkan Tari Massal yang pesertanya dari 24 Kabupaten dan Group Lokal dan sejumlah rangkaian acara kesenian di malam hari.

(Yusuf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here