0%
logo header
Jumat, 17 Mei 2024 20:47

Ratusan Atlet Gelar Aksi Damai di Kantor Gubernur Sulsel

Rizal
Editor : Rizal
Ratusan atlet menggelar aksi damai di halaman depan Kantor Gubernur Sulsel, Jalan Urip Sumoharjo, Makassar, Jumat (17/5/2024). (Foto: Istimewa)
Ratusan atlet menggelar aksi damai di halaman depan Kantor Gubernur Sulsel, Jalan Urip Sumoharjo, Makassar, Jumat (17/5/2024). (Foto: Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MAKASSAR – Ratusan atlet menggelar aksi damai di halaman depan Kantor Gubernur Sulsel, Jalan Urip Sumoharjo, Makassar, Jumat (17/5/2024). Mereka berpakaian olahraga lengkap dengan spanduk yang berisi aspirasi para atlet.

Mereka menyambut baik pergantian Penjabat (Pj) Gubernur Sulsel dari Bahtiar Baharuddin ke Prof Zudan Arif Fakhrullloh. Seperti diketahui, Prof Zudan dilantik sebagai Pj Gubernur Sulsel oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian di Sasana Bhakti Praja (SBP) Lantai 3 Gedung C Kemendagri, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Jumat (17/5/2024).

Salah satu orator yang mewakili para atlet, Sahril menyoroti kurangnya perhatian Pemprov Sulsel dibawah kepemimpinan Bahtiar Baharuddin terhadap dunia olahraga.

Baca Juga : KPU Sulsel Gagas KKN Tematik bersama Unhas

Meskipun KONI Sulsel mengalami peningkatan prestasi dengan meloloskan 412 atlet untuk mengikuti PON XXI Aceh-Medan pada September 2024 mendatang, namun alokasi anggaran yang diberikan hanya sebesar Rp17,5 miliar.

“Pemberangkatan kontingen saja dengan biaya akomodasi, uang saku, dan penerbangan empat kali itu biayanya sudah mencapai belasan miliar rupiah. Belum lagi peralatan tanding, pemeriksaan kesehatan dan kebutuhan latihan lainnya,” kata Sri.

Hal ini, katanya, sangat kontras dengan anggaran olahraga pada 2021 lalu dimana 226 atlet yang lolos ke PON XX di Papua dibekali dengan anggaran Rp32 miliar. Meskipun saat itu, anggaran juga diprioritaskan untuk penanganan wabah Covid-19.

Baca Juga : Ketua DPRD Sulsel Fasilitasi Petani Milenial Barru Diskusi Penerapan Smart Farming

‚ÄúSekarang saat Covid-19 telah berlalu, anggaran malah dialokasikan untuk budidaya pisang yang mencapai ratusan miliar rupiah,” tambahnya.

Ia pun berharap Pemprov Sulsel dibawah kepemimpinan Prof Zudan nantinya lebih memperhatikan kebutuhan dunia olahraga di Sulsel. Apalagi mengingat tahun 2024 ini adalah puncak prestasi olahraga Sulsel selama beberapa PON terakhir.

Aksi damai ini sendiri berjalan dengan tertib dan lancar. Para atlet berharap Pj Gubernur Sulsel yang baru akan membawa perubahan positif, terutama dalam mendukung perkembangan dan prestasi olahraga dengan memberikan perhatian yang lebih baik dan alokasi anggaran yang lebih proporsional untuk sektor olahraga di Sulsel. (*)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi.republiknews1@gmail.com atau Whatsapp +62 813-455-28646