0%
logo header
Senin, 10 Juni 2024 11:48

Ratusan Mahasiswa GenBI Diajak Kobarkan Semangat Bela Negara

Chaerani
Editor : Chaerani
Sebanyak 230 mahasiswa dari komunitas Generasi Baru Indonesia (GenBI) diajak untuk mengobarkan semangat bela negara dengan mengikuti ”Leadership Practice: Bela Negara dan Capacity Building”. (Dok. BI Sulsel)
Sebanyak 230 mahasiswa dari komunitas Generasi Baru Indonesia (GenBI) diajak untuk mengobarkan semangat bela negara dengan mengikuti ”Leadership Practice: Bela Negara dan Capacity Building”. (Dok. BI Sulsel)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MAKASSAR — Sebanyak 230 mahasiswa dari komunitas Generasi Baru Indonesia (GenBI) diajak untuk mengobarkan semangat bela negara dengan mengikuti ”Leadership Practice: Bela Negara dan Capacity Building”.

Kegiatan ini berlangsung mulai 7 hingga 9 Juni 2024, di Mako Lantamal VI – Makassar. Ratusan mahasiswa tersebut berasal dari tiga Perguruan Tinggi Negeri di Makassar. Masing-masing Universitas Hasanuddin, Universitas Negeri Makassar, dan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan Rizki Ernadi Wimanda mengatakan, tujuan kegiatan tersebut adalah sebagai ajang silahturahmi, penguatan keorganisasian dan memperluas wawasan kebangsaan.

Baca Juga : Surya Paloh Imbau Kader NasDem Solid Menangkan Duet ASS-Fatma di Pilgub Sulsel 2024

“Selain itu untuk optimalisasi kemampuan GenBI dalam berorganisasi agar mampu berperan sebagai agen perubahan dalam pemberdayaan masyarakat,” katanya dalam kegiatannya, kemarin.

Tujuan lainya yakni, memperkuat pengetahuan kebanksentralan, sehingga dapat menjadi garda terdepan dalam mengkomunikasikan kebijakan terkini Bank Indonesia.

Rizki menjelaskan, kegiatan ini merupakan wadah pembelajaran dan pengalaman yang berharga untuk mendorong semangat anak-anak muda agar semakin mencintai tanah air, serta memberikan kiat-kiat untuk membentuk jiwa kepemimpinan melalui Kerja Keras, Kerja Tuntas, Kerja Cerdas, dan Kerja Ikhlas (4AS).

Baca Juga : Lewat CSR Penanaman Mangrove di Berbagai Daerah, Yamaha Indonesia Upayakan Reduksi Emisi Karbon

“Dengan adanya kegiatan ini, kami harap GenBI dapat membentuk sikap disiplin waktu, jiwa kebersamaan dan solidaritas, mental fisik yang tangguh, menanamkan rasa kecintaan pada bangsa dan patriotisme, melatih jiwa leadership, membentuk iman dan taqwa yang dianut oleh individu, serta berperilaku jujur, tegas, dan adil.”paparnya.

Sementara, Komandan Lantamal VI Makassar, Brigadir Jendral TNI (MAR) Andi Rahmat M berharap bahwa setelah mengikuti pelatihan ini, GenBI tetap termotivasi untuk berusaha keras dan pantang menyerah dalam meraih cita-cita.

Ia menekankan pentingnya sikap pantang menyerah, kerja keras, dan bersyukur dalam mencapai tujuan yang diinginkan.

Baca Juga : Penguatan Produk Hukum Daerah, Bapemperda DPRD Sulsel Hadiri Rakornas di Kaltim

”Keberhasilan dan kesuksesan kegiatan ini tidak akan tercapai tanpa didasari oleh kedisiplinan dan loyalitas yang tinggi. Karena itu adik-adik GenBI, jangan gampang menyerah dan terus bersyukur.”ujarnya

Pelatihan ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan oleh Bank Indonesia untuk mendukung peningkatan kapasitas SDM dan pengembangan soft skill para penerima Beasiswa Bank Indonesia, serta mencapai tujuan utama GenBI yaitu sebagai change agents, future leaders, dan frontliners komunikasi kebijakan Bank Indonesia.

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646