0%
logo header
Senin, 04 September 2023 10:52

Rayakan Dies Natalis ke-67 Unhas, Dahlan Abubakar Luncurkan Buku Mattulada

Mulyadi Ma'ruf
Editor : Mulyadi Ma'ruf
Mattulada "Buku Karya M. Dahlan Abubakar".
Mattulada "Buku Karya M. Dahlan Abubakar".

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MAKASSAR — Wartawan Utama Dewan Pers, penulis dan akademisi, M. Dahlan Abubakar akan meluncurkan buku berjudul “MATTULADA, Dari Pejuang Hingga Ilmuwan” pada rangkaian acara peringatan Dies Natalis ke-78 Universitas Hasanuddin 10 September 2023 mendatang.

Kepala Sekretariat Rektorat Unhas Dr. Sawedi Muhammad menjelaskan, buku setebal 168 halaman itu diterbitkan Penerbit Buku Kompas (PBK) Jakarta dan ditulis oleh M.Dahlan Abubakar, mantan Kepala Humas dan Dosen Fakultas Ilmu Budaya Unhas.  Untuk meluncurkan buku tersebut Unhas sudah memesan 300 eksemplar buku tersebut dan sudah tiba di Makassar 1 September 2023.

Menurut Sawedi Muhammad melalui pesan whatsapp 2 September 2023,  peluncuran buku tersebut direncanakan  Sabtu (09/09/2023) di Baruga Andi Pangerang Petta Rani Kampus Unhas Tamalanrea.  Dia belum menjelaskan agenda acara peluncuran tersebut.

Baca Juga : Obituari Hasyim Ado: Pernah Dibantingi Pistol

Sementara itu, M. Dahlan Abubakar, sang penulis buku menjelaskan, materi buku ini bersumber dari berbagai bahan pustaka, termasuk dari karya Mattulada sendiri. Juga diperkaya oleh informasi pemberitaan tentang rekam jejak Mattulada selama hidupnya yang dimuat harian Kompas, media yang selalu menempatkan mantan Rektor Universitas Tadulako (Untad) Palu ini sebagai narasumber dalam berbagai topik pemberitaannya.

Salah seorang murid Mattulada, yakni Prof. Dr. H.Muhammad Darwis, M.S. ikut juga memberikan komentar mengenai maha gurunya itu di dalam buku ini. Buku ini semula memiliki ketebalan awal 320 halaman, namun ketika Penerbit Buku Kompas mengirimkan dummy, penulis melakukan revisi dengan memangkas beberapa tulisan yang tumpang tindih dan kurang relevan, sehingga tersisa separuhnya.

Dahlan mengatakan, dia terpanggil menulis tentang Mattulada karena setelah 20 tahun menunggu, tidak ada juga dari mantan mahasiswa dan orang-orang yang mengidolakannya menulis mengenai almarhum.

Baca Juga : Mantan Dirut BRI Temu Kangen: (5-Habis)Wawancara Sambil Bermain Golf dengan Wapres

“Saya sebagai seorang mantan mahasiswanya dan juga dewan juri lomba penulisan cerita pendek antarmahasiswa se-Kota Ujungpandang pada tahun 1975 yang juga saya ikuti merasa terpanggil meluangkan waktu menulis tentang kisah maha guru Antropologi ini,” ujar Dahlan sambil menambahkan “ buku ini karya  saya yang kedua diterbitkan Penerbit Buku Kompas, setelah “Qahar Mudzakkar, Detik-Detik Terakhir” yang diterbitkan pada tahun 2022.

Buku ini terdiri atas empat bab, yakni Pertama: Asal dan Kelahiran. Kedua, Pendidikan dan Perjuangan. Ketiga:Pengabdian, dan keempat: Gagasan dan Pemikiran. Rektor Unhas Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc. dan Dekan Fakultas Ilmu Budaya Unhas Prof. Dr. Akin Duli, M.A. memberi kata pengantar di dalam buku dengan sampul foto Mattulada hasil jepretan wartawan foto Harian Kompas, Kartono Riyadi, almarhum tersebut. (*)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi.republiknews1@gmail.com atau Whatsapp +62 813-455-28646