0%
logo header
Selasa, 19 Desember 2023 18:11

Survei CRC Temukan 62,3 Persen Masyarakat Puas dengan Kinerja Anggota DPRD Makassar

Rizal
Editor : Rizal
Peneliti CRC, Andi Wahyudin saat memaparkan hasil survei persepsi masyarakat terhadap kinerja anggota DPRD Makassar dalam diskusi publik yang digelar sekretariat DPRD Makassar di Aston Makassar Hotel, Jalan Sultan Hasanuddin, Senin (18/12/2023). (Foto: Istimewa)
Peneliti CRC, Andi Wahyudin saat memaparkan hasil survei persepsi masyarakat terhadap kinerja anggota DPRD Makassar dalam diskusi publik yang digelar sekretariat DPRD Makassar di Aston Makassar Hotel, Jalan Sultan Hasanuddin, Senin (18/12/2023). (Foto: Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MAKASSAR – Celebes Research Center (CRC) merilis hasil survei persepsi masyarakat terhadap kinerja anggota DPRD Kota Makassar. Hasil survei tersebut dirilis dalam acara diskusi publik masalah aktual kemasyarakatan dengan tema
Akuntabilitas Politik dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah” di Aston Makassar Hotel, Jalan Sultan Hasanuddin, Makassar, Senin (18/12/2023).

Kegiatan yang digelar sekretariat DPRD Kota Makassar itu menghadirkan tiga narasumber. Masing-masing Ketua DPRD Kota Makassar Rudianto Lallo, Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan (Kapuslatbang) KMP LAN Makassar Andi Taufik, serta Peneliti CRC Andi Wahyudin.

Dalam pemaparannya, Peneliti CRC, Andi Wahyudin menjelaskan bahwa survei tersebut dipotret pada 22-29 November 2023. Dengan jumlah responden sebanyak 400 orang yang tersebar di 15 kecamatan di Kota Makassar.

Baca Juga : Cikal Bakal Generasi Emas 2045, Ketua DPRD Sulsel Motivasi Siswa SMA Metro School

“Responden dipilih secara acak dengan cara multistage random sampling. Margin of error sebesar 5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen,” kata Andi Wahyudin.

Hasilnya, sebanyak 62,30 persen masyarakat puas dengan kinerja anggota DPRD Kota Makassar. Sangat puas sebesar 0,90 persen, tidak puas sebesar 20,40 persen, sangat tidak puas sebesar 2,20 persen, serta tidak tahu atau tidak menjawab sebesar 14,20 persen.

“Dari survei ini, kita juga memotret bagaimana tingkat kepuasan masyarakat terkait tiga tugas dan fungsi utama kedewanan. Yakni fungsi legislasi, fungsi anggaran dan fungsi pengawasan. Termasuk bagaimana anggota DPRD Makassar menyerap aspirasi dan merealisasikan janji mereka saat kampanye dulu,” tambah Andi Wahyudin.

Baca Juga : Rakorsus Pemkot Makassar Hadirkan Enam Pembicara dari Lima Negara, Bahas Soal Low Carbon City

Hasilnya, kemampuan terhadap fungsi legislasi mendapatkan skor 6,20, kemampuan terhadap fungsi anggaran mendapatkan skor 6,09, kemampuan terhadap fungsi pengawasan mendapatkan skor 6,01, kemampuan berkomunikasi dan menyerap aspirasi mendapatkan skor 6,00, serta kemampuan merealisasikan janji kampanye mendapatkan skor 5,90.

“Dari poin atau skor yang didapatkan ini secara keseluruhan kinerja tugas dan fungsi DPRD Kota Makassar tergolong masih dalam kategori baik,” demikian Andi Wahyudin. (*)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646