0%
logo header
Rabu, 07 Februari 2024 23:21

Tekan Risiko Kecelakaan Kerja, PT Unity Nickel Alloy Indonesia Wajibkan Karyawan Sadar K3

Rizal
Editor : Rizal
Simulasi penggunaan APAR yang dilakukan oleh karyawan PT Unity Nickel Alloy Indonesia dalam briefing akbar menyambut bulan K3 Nasional, Rabu (7/2/2024). (Foto: Istimewa)
Simulasi penggunaan APAR yang dilakukan oleh karyawan PT Unity Nickel Alloy Indonesia dalam briefing akbar menyambut bulan K3 Nasional, Rabu (7/2/2024). (Foto: Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, BANTAENG – Menyambut bulan Keselamatan Kesehatan Kerja (K3) Nasional, PT Unity Nickel Alloy Indonesia menggelar briefing akbar K3L yang diikuti oleh seluruh divisi. Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan simulasi penggunaan APAR.

SPV HSE PT Unity Nickel Alloy Indonesia, Misbahuddin Tri Susanto berharap seluruh karyawan sadar akan K3 sebagai sebuah kebiasaan dalam bekerja.

“Kita berharap dimana pun karyawan berada budaya K3 itu bisa diterapkan di tempat kerja, dirumah, atau ditempat manapun yang memiliki risiko atau bahaya,” kata Misbahuddin dalam keterangan tertulisnya, Rabu (7/2/2024).

Baca Juga : Cikal Bakal Generasi Emas 2045, Ketua DPRD Sulsel Motivasi Siswa SMA Metro School

Menurutnya, kegiatan pelatihan penggunaan APAR ini merupakan agenda yang pertama kalinya dilakukan sejak Unity Nickel Alloy Indonesia beroperasi.

“Diharapkan pelatihan-pelatihan lain dapat diterapkan seperti Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K), evakuasi korban, simulasi evakuasi pencemaran lingkungan, dan lain sebagainya,” harap Misbahuddin.

Menurutnya, kegiatan briefing akbar ini dibuka dengan penyampaian laporan tahunan insiden agar dapat dijadikan pembelajaran kepada seluruh karyawan sehingga penerapan dan budaya K3 bisa ditingkatkan lagi kedepannya.

Baca Juga : Rakorsus Pemkot Makassar Hadirkan Enam Pembicara dari Lima Negara, Bahas Soal Low Carbon City

Misbahuddin menilai kegiatan ini merupakan titik awal yang baik untuk meningkatkan kepedulian, serta menciptakan budaya Health, Safety and Environment (HSE) di PT Unity Nickel Alloy Indonesia sesuai dengan tema bulan K3 tahun 2024 ini.

“Membudayakan K3, sehat selamat dalam bekerja, serta terjaga keberlangsungan usaha,” tegasnya.

Sementara itu, Spv HRGA PT Unity Nickel Alloy Indonesia, Alif Syahrul Wahyudi mengapresiasi kegiatan ini. Ia berharap dapat menjadi momentum untuk membentuk budaya K3 di dalam perusahaan.

Baca Juga : HUT POM AL ke-78, Danny Pomanto Ikut Fun Bike Sejauh 8 Kilometer

“Apresiasi yang tinggi terhadap inisiatif pelaksanaan briefing akbar K3L oleh PT Unity Nickel Alloy Indonesia. Kegiatan ini tidak hanya sebagai bentuk penyambutan bulan K3 nasional, tetapi juga sebagai langkah awal yang positif untuk meningkatkan kesadaran dan budaya K3 di perusahaan,” ujar Alif.

Ia berharap budaya K3 di perusahaan semakin disadari agar menjadi kepentingan dan tanggung jawab bersama seluruh karyawan.

“Semoga kesadaran dan kepedulian terhadap aspek K3L semakin memasyarakat di seluruh lapisan karyawan, sehingga setiap individu turut berperan aktif dalam menciptakan lingkungan kerja yang aman dan sehat,” tutupnya. (*)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646