Tingkatkan Karakter dan Mutu Pendidikan, Ini yang Dilakukan DPK Sinjai

  • Bagikan

REPUBLIKNEWS.CO.ID, SINJAI – Demi mewujudkan Pendidikan yang lebih bermutu, Dewan Pendidikan Kabupaten Sinjai menggelar Rapat Koordinasi Terpadu Tingkat SMA/SMK/SLB Negeri dan Swasta Se Kabupaten Sinjai.

Kegiatan yang dipusatkan di Aula SMKN 1 Sinjai ini menghadirkan jajaran Dewan Pendidikan Sinjai, para Kepala SMA/SMK/SLB dan Para Ketua Komite Sekolah.

Wakil Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Sinjai Mas Ati, mengatakan bahwa rapat ini merupakan tindak lanjut dari rapat koordinasi terpadu tingkat Kabupaten yang dilaksanakan beberapa waku lalu dengan tujuan untuk menjalin komitmen bersama dalam meningkatkan karakter dan mutu pendidikan di Sinjai.

Dalam pertemuan tersebut, lebih khusus dibahas terkait revitalisasi dan memaksimalkan peran komite sekolah sesuai Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) nomor 75 tahun 2016.

Dalam aturan tersebut kata Mas Ati, Komite Sekolah bisa melakukan penggalangan dana atau sumbangan untuk melaksanakan fungsinya dalam memberikan dukungan tenaga, sarana, dan prasarana, serta pengawasan pendidikan.

“Di Permendikbud ini sangat jelas bahwa Komite Sekolah bisa melajukan upaya penggalangan dana dalam bentuk sumbangan dengan mekanisme yang jelas melalui pertemuan Komite Sekolah dengan Satuan Pendidikan terkait program untuk mendukung sarana pendidikan yang tidak mendapat dukungan anggaran dari bantuan pemerintah,” ucapnya, Senin (15/11/2021).

Namun ditegaskan dalam Permendikbud, Komite Sekolah harus memliki inovasi dan kreativitas dalam menyusun perencanaan yang matang melalui proposal yang diketahui oleh Sekolah sebelum melakukan penggalangan dana.

Mas Ati berharap adanya sinergitas dan komunikasi yang terjalin dengan baik antara sekolah dengan masyarakat yang diwadahi dalam organisasi Komite Sekolah sehingga peran orang tua dan masyarakat dalam memajukan pendidikan di Sinjai bisa terlaksanan dengan baik.

Sementara itu Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Tingkat SMA/SMK, Drs. Ali Musa sangat mengapresiasi dan menyambut baik adanya pertemuan tersebut dalam rangka menciptakan sinergitas Komite Sekolah dan Kepala Sekolah dalam rangka peningkatan mutu pendidikan di Sinjai.

“Rapat ini dilaksanakan tidak lain adalah bagaimana kita duduk bersama seluruh unsur terkait dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di Sinjai. Kita harap melalui pertemuan ini bisa melahirkan komitmen bersama untuk bisa melihat sisi pendidikan yang bisa dimaksimalkan kedepannya,” kuncinya. (Asrianto)

  • Bagikan