0%
logo header
Jumat, 15 Maret 2024 01:36

Tingkatkan Performa Berkendara, Ini Perubahan di Sektor Dapur Pacu LEXi LX 155

Rizal
Editor : Rizal
Yamaha LEXi LX 155 series mengusung sejumlah perubahan di sektor dapur pacu yang mampu meningkatkan performa kendaraan. (Foto: Istimewa)
Yamaha LEXi LX 155 series mengusung sejumlah perubahan di sektor dapur pacu yang mampu meningkatkan performa kendaraan. (Foto: Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MAKASSAR – Perubahan di sektor dapur pacu menjadi salah satu keunggulan utama yang dimiliki oleh Yamaha LEXi LX 155 series dalam mendukung kebutuhan berkendara para penggunanya.

Pasalnya pada generasi sebelumnya, LEXi hanya mengusung mesin berkubikasi 125cc, namun kini telah ditingkatkan dengan pengaplikasian mesin Blue Core berkapasitas 155cc.

Menariknya lagi, mesin Blue Core 155cc yang dimiliki LEXi LX saat ini merupakan generasi teranyar yang memang banyak mendapat sentuhan peningkatan, sehingga mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 11,3 kW / 8.000 rpm serta torsi maksimum sebesar 14,2 Nm / 6.500 rpm.

Baca Juga : 2.145 Atlet Berlaga di Pekan Olahraga NIPAH 2024, Anak-Anak Ikut Serta

Kru bagian Service Education PT Yamaha Indonesia Motor Mfg, Ferry Nurul Fajar menjelaskan bahwa mesin Blue Core 155cc generasi terbaru yang diusung LEXi LX 155 telah mendapatkan rombakan pada design camshaft, piston, head, jalu roli dan beberapa bagian lainnya.

Efek dari improvement ini, katanya, adalah meningkatnya efisiensi mekanis yang membuat mesin motor menjadi minim gesekan dan vibrasi. Dengan demikian, akselerasi serta performanya menjadi lebih baik.

Ferry pun menjelaskan sejumlah sentuhan perubahan yang ada pada LEXi LX 155 ini. Menurutnya, peningkatan kubikasi mesin membuat Body Cylinder dan Forged Piston juga menjadi berubah, khususnya pada ukuran diameter yang kini lebih besar, yaitu 58 x 58,7 (bore x stroke). Dinding Cylinder pun juga turut dibuat sehalus mungkin untuk meminimalisir gesekan.

Baca Juga : Survei Terbaru LSI Network untuk Pilkada Bone 2024, Popularitas dan Elektabilitas Yasir Machmud Tertinggi

“Perubahan jeroan mesin juga turut menyasar area Head Cylinder yang kini mampu menghasilkan kompresi rasio lebih besar, menjadi 11,6 dari sebelumnya hanya 11,2. Peningkatan ini datang dari ukuran dome capacity yang dibuat menjadi lebih kompak. Selain itu, perubahan Design Head cylinder juga dibarengi dengan perubahan dimensi desain pada diameter kepala Valve yang menajadi lebih besar,” bebernya.

Mesin LEXi LX 155, kata Ferry memiliki ukuran Crankshaft yang lebih pendek dari LEXi yang sebelumnya, yaitu 277,8 mm berbanding 283,8 mm serta dimensi dan berat Rotor Assy yang lebih ringan, yaitu 1.130 gr berbanding 1.250 gr. Dengan adanya efisiensi dari sisi ukuran dan berat pada komponen-komponen tersebut, maka berimbas pada akselerasi motor yang menjadi lebih baik.

“Selanjutnya, untuk bagian Camshaft pada mesin LEXi LX 155 juga turut mendapat sentuhan pembaruan. Jika sebelumnya pin dowel yang berfungsi sebagai dudukan sprocket cam chain dibuat terpisah, kini menjadi satu kesatuan dengan Camshaft. Efeknya menjadi lebih rigid sehingga lebih minim gesekan,” tambah Ferry.

Baca Juga : Awasi Mutarlih, Ketua Bawaslu Sulsel Beri Penguatan Jajaran Adhock di Pinrang

Menurutnya, salah satu perubahan yang paling signifikan pada mesin Blue Core generasi terbaru yang dipakai oleh LEXi LX 155 ada pada bagian tensioner-nya. Jika pada mesin generasi sebelumnya gate stopper hanya ditekan oleh per dan tuas, kali ini proses penekanan dilakukan dengan mengkombinasikan per dan juga oli atau Hydraulic Tensioner. Hal ini membuat kinerja mesin menjadi lebih minim vibrasi dan suara lebih halus.

“Perubahan signifikan yang terakhir adalah jalur oli baru. Pada mesin Blue Core generasi sebelumnya, jalur oli hanya untuk menyuplai pelumasan di bagian Cylinder Head dan Cylinder Body, namun kini ditambah kebagian Hydraulic Tensioner. Dengan adanya jalur oli baru ini, maka desain Crankcase menjadi berbeda dengan mesin Blue Core 155cc lainnya,” demikian Ferry. (*)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646