0%
logo header
Rabu, 21 Februari 2024 12:01

TP PKK Gowa dan FK Unhas Beri Penyuluhan Kesehatan dan Skrining Stunting Gratis

Chaerani
Editor : Chaerani
TP PKK Kabupaten Gowa bersama Fakultas Kedokteran Unhas saat memberikan penyuluhan kesehatan gratis kepada bayi dan anak di Kota Malino, Kecamatan Tinggimoncong, kemarin. (Dok. Humas Gowa)
TP PKK Kabupaten Gowa bersama Fakultas Kedokteran Unhas saat memberikan penyuluhan kesehatan gratis kepada bayi dan anak di Kota Malino, Kecamatan Tinggimoncong, kemarin. (Dok. Humas Gowa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, GOWA —Tim Penggerak PKK Kabupaten Gowa bersama Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar menggelar Bakti Sosial Pengabdian Kepada Masyarakat.

Berbagi kegiatan yang dilaksanakan yakni penyuluhan kesehatan, pemeriksaan USG gratis, pemeriksaan kesehatan bayi dan anak, serta skrining stunting. Kegiatan ini berlangsung di Aula Secata Malino, Kecamatan Tinggimoncong.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gowa, Priska Paramita Adnan menyambut baik program tersebut.

Baca Juga : Gandeng Media, Bawaslu Sulsel Perkuat Kinerja Kehumasan Jelang Pilkada Serentak 2024

“Semoga kegiatan ini dapat memberikan kontribusi terhadap peningkatan derajat kesehatan masyarakat khususnya masyarakat di kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa,” katanya dalam kegiatan, kemarin.

Sementara, Sekretaris Program Studi Sarjana Kedokteran Fakultas Kedokteran Unhas Fathulrachman mengatakan, kegiatan tersebut akan terus dilaksanakan setiap tahunnya.

Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian dari Dies Natalis Fakultas Kedokteran Unhas. Selain itu juga merupakan kegiatan rutin dari Program Studi S1 atau Sarjana Kedokteran, di Fakultas Kedokteran Unhas.

Baca Juga : Surya Paloh Imbau Kader NasDem Solid Menangkan Duet ASS-Fatma di Pilgub Sulsel 2024

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini terbagi di beberapa titik di Kecamatan Tinggimoncong. Adapun bentuk kegiatannya antara lain penyuluhan kesehatan, pemeriksaan USG gratis, juga pemeriksaan kesehatan bayi dan anak.

“Khusus untuk skrining stunting kita lakukan di Aula Secata Malino,” ujarnya.

Kemudian di Aula Lembaga Ketahanan Masyarakat Desa (LKMD) ini pihaknya melakukan penyuluhan DBD, penyuluhan mengenai gizi bagi kader-kader di daerah. Kemudian pihaknya juga melakukan penyuluhan terkait Narkotika, Psikotropika, Dan Bahan Adiktif Lainnya (NAPZA), dan pemeriksaan hemoglobin.

Baca Juga : Lewat CSR Penanaman Mangrove di Berbagai Daerah, Yamaha Indonesia Upayakan Reduksi Emisi Karbon

“Juga pemeriksaan status gizi untuk anak-anak di salah satu MTS Muhammadiya Malino,” jelasnya.

Selain itu, para dokter juga melakukan kegiatan di salah satu pesantren di Malino. Di antaranya melakukan pemeriksaan kesehatan mata, telinga, serta melakukan sosialisasi penggunaan kotak obat beserta isi obat-obatnya kepada tabib.

Di tempat yang sama, Sekretaris Camat Tinggimoncong Muh Anzhary juga mengapresiasi kegiatan yang melibatkan ratusan masyarakatnya itu.

Baca Juga : Penguatan Produk Hukum Daerah, Bapemperda DPRD Sulsel Hadiri Rakornas di Kaltim

“Saya mengucapkan banyak terima kasih serta apresiasi setinggi-tingginya. Kita harapkan ini bukan sampai disini tapi terus berkelanjutan sehingga pemanfaatannya bisa betul-betul bermanfaat bagi masyarakat,” tuturnya.

Menurut Anzhary, kegiatan seperti itu harus dirutinkan bahkan baiknya dibuatkan agenda tahunan sebagai upaya pencegahan stunting sekaligus mengedukasi masyarakat.

“Ini mengedukasi masyarakat terkait dengan kesehatan maupun gizi bagi masyarakat Kecamatan Tinggimoncong,” terangnya.

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646