0%
logo header
Jumat, 10 Mei 2024 17:46

Unhas dan PNUP Teliti Perkembangan Slag Nikel Huadi Group

Rizal
Editor : Rizal
Huadi Group menjadi tujuan para mahasiswa untuk melakukan penelitian terkait pengolahan slag nikel menjadi campuran aspal. (Foto: Istimewa)
Huadi Group menjadi tujuan para mahasiswa untuk melakukan penelitian terkait pengolahan slag nikel menjadi campuran aspal. (Foto: Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, BANTAENG – Pemanfaatan slag nikel menjadi salah satu sasaran penelitian di dunia pendidikan, terutama untuk dikembangkan menjadi bahan baku campuran aspal.

Salah satunya adalah penelitian yang dilakukan oleh para mahasiswa jurusan Teknik Mesin dan Teknik Sipil Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar dan jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) Makassar.

Mereka melakukan penelitian terkait slag nikel Huadi Group di Kabupaten Bantaeng. Huadi Group sendiri sebelumnya telah mengolah slag nikel menjadi batako hingga menjadi paving blok untuk memenuhi kebutuhan masyarakat umum.

Baca Juga : Hari Pertama, 15 Cakada Uji Kelayakan di Demokrat Sulsel

Health Safety And Environment PT Huadi Bantaeng Industry Park (HBIP), Armin Manninriang mengaku pabrik pengolahan nikel atau smelter Huadi Group yang terletak di Kabupaten Bantaeng terus memaksimalkan penelitian dan pengembangan terkait slag nikelnya.

Menurut Armin, salah satunya dengan menerima mahasiswa untuk melakukan penelitian terkait nikel slag, khususnya mahasiswa tingkat akhir di beberapa perguruan tinggi di Makassar, seperti Unhas dan PNUP.

“Semakin banyak penelitian yang dilakukan oleh akademisi akan menambah referensi untuk menuntaskan persoalan slag nikel Huadi Group,” kata Armin.

Baca Juga : DM dan Syahar Ngopi Bareng di Gowa, Jajaki Tambahan Koalisi di Pilkada 2024

Adapun judul penelitian mahasiswa tersebut adalah analisis karakterisasi kandungan unsur dan struktur kristal nikel slag sebagai partikel abrasif pada proses ultrasonic machining setelah heat treatment pada temperatur 900°c.

“Judul penelitian lainnya, yakni pengaruh iklim pesisir terhadap kinerja campuran beraspal berbahan slag nikel,” demikian Armin. (*)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi.republiknews1@gmail.com atau Whatsapp +62 813-455-28646