Wakil Bupati Gowa Hadiri Rapat Penyampaian Rekomendasi LKPJ 2018

0
Rapat Paripurna Istimewa DPRD Gowa dalam rangka Penyampaian Rekomendasi DPRD Kabupaten Gowa Terhadap LKPJ Bupati Gowa, di Ruang Rapat Paripurna Kantor DPRD Gowa, Rabu (24/04/2019).

REPUBLIKNEWS.CO.ID, GOWA – Wakil Bupati Gowa Abd. Rauf Malaganni menghadiri Rapat Paripurna Istimewa DPRD Gowa dalam rangka Penyampaian Rekomendasi DPRD Kabupaten Gowa Terhadap Laporan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Gowa, di Ruang Rapat Paripurna Kantor DPRD Gowa, Rabu (24/04/2019).

Wabup Gowa mengatakan, LKPJ Bupati Gowa 2018 telah diserahkan pada 26 Maret 2018 lalu. Hal ini merupakan amanat Undang-undang RI bahwa sepatutnya kepala daerah menyampaikan laporan pertanggungjawabannya kepada DPRD sebagai ukuran untuk mengetahui realisasi keberhasilan pembangunan yang dilakukan pemerintah.

“LKPJ ini wajib disampaikan 1 kali dalam 1 tahun paling lambat 3 bulan setelah tahun anggaran berakhir,” katanya di sela-sela rapat.

Menurutnya, LKPJ Bupati Gowa ini disusun berdasarkan rencana kerja pemerintah daerah dan merupakan pertanggungjawaban bupati untuk tahun ketiga pada periode rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Kabupaten Gowa 2016-2021.

Dalam LKPJ 2018 ini pun telah dituangkan laporan tahunan yang memuat seluruh program dan kegiatan pembangunan yang disusun berdasarkan penjabaran dari visi, misi, arah kebijakan dan prioritas daerah. Termasuk kebijakan pengelolaan keuangan daerah, penyelenggaraan urusan pemerintahan daerah, penyelenggaraan tugas pembantuan serta penyelenggaraan tugas umum pemerintahan.

“Sekaligus ini dalam rangka tugas dan kewajiban dalam melakukan penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat di Gowa,” ujarnya.

LKPJ 2018 ini telah diperiksa dan diteliti oleh panitia khusus (pansus) DPRD yang prosesnya melalui tahapan klarifikasi data ke masing-masing SKPD penanggung jawab urusan. Selain itu juga telah dilakukan rapat koordinasi serta konsultasi yang dilakukan pansus, sehingga menghasilkan sejumlah rekomendasi kebijakan.

“Hasil rekomendasi ini akan menjadi bahan perbaikan pada SKPD sebagai penanggungjawab urusan. Sehingga pada akhirnya dapat menjadi pertimbangan dalam mengambil kebijakan terkait penyusunan program dan kegiatan serta penggunaan anggaran yang lebih efektif dan efesien,” ujarnya.

Wabup Gowa dalam kesempatan tersebut menyampaikan terimakasihnya kepada jajaran DPRD Gowa khususnya pansus yang telah bekerjasama dalam mendorong pelaksanaan roda pemerintahan dan pembangunan di Gowa.

Sementara Panitia Pansus Asriadi Asry mengungkapkan, sejumlah rekomendasi ditetapkan DPRD Gowa melalui kajian dan verifikasi pada rapat pansus terlebih dahulu. Rekomendasi ini dimaksudkan untuk semakin memaksimalkan implementasi program-program pemerintahan dalam rangka pembangunan daerah.

Ada sejumlah rekomendasi yang diberikan kepada beberapa SKPD di lingkup Pemkab Gowa yaitu.
Pertama, pada bidang pendidikan, dalam hal ini program-program pendidikan secara umum telah berhasil memberikan prestasi yang membanggakan sehingga sudah sepatunya Gowa berhasil menjadi Kebupaten Pendidikan pertama di Sulsel

Hanya saja masih ada beberapa rekomendasi yang diberikan salah satunya masih perlu peningkatan saran dan prasarana pendidikan yang merata dan memperhatikan kesejahteraan guru honorer dengan mengalokasikan anggaran untuk intensif guru honorer. Kedua, pada bidang kesehatan pansus meminta agar tenaga kesehatan mendapat perhatian lebih baik lagi dari saat ini. Mendorong peningkatan sarana dan prasarana pada setiap puskesmas seperti tempat tidur.

“Layanan kesehatan di Gowa saat ini memang sudah cukup baik, akan tetapi masih perlu dilakukan peningkatan secara berkelanjutan di masa depan,” katanya.

“Rekomendasi ini sebagai bentuk saran dan masukan untuk perbaikan pembangunan kedepan,” ujarnya. (rls)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here