0%
logo header
Rabu, 24 April 2024 16:28

13 Fakultas Deklarasikan Ikatan Alumni UMI

Chaerani
Editor : Chaerani
Perwakilan 13 fakultas lingkup UMI saat melakukan deklarasi pembentukan Ikatan Alumni UMI (ILUMI) di Taman Firdaus Kampus UMI, Jalan Urip Sumoharjo, Rabu, (24/04/2024). (Dok. Chaerani/Republiknews.co.id)
Perwakilan 13 fakultas lingkup UMI saat melakukan deklarasi pembentukan Ikatan Alumni UMI (ILUMI) di Taman Firdaus Kampus UMI, Jalan Urip Sumoharjo, Rabu, (24/04/2024). (Dok. Chaerani/Republiknews.co.id)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MAKASSAR — 13 fakultas yang ada di Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar mendeklarasikan pembentukan Ikatan Alumni UMI atau ILUMI.

Ke-13 fakultas tersebut merupakan seluruh fakultas yang ada di UMI masing-masing, Fakultas Teknik, Fakultas Pertanian, Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Kedokteran, Fakultas Farmasi, Fakultas Agama, Fakultas Perikanan, Fakultas Sastra, Fakultas Kedokteran Gigi, dan Fakultas Kesehatan Masyarakat.

Deklarasi tersebut berlangsung di Taman Firdaus Kampus UMI, Jalan Urip Sumoharjo dengan pembacaan deklarasi yang berbunyi “Kami Alumni UMI Menyatakan Dengan Ini Bahwa ILUMI pada Rabu, 24 April 2024 mendeklarasikan untuk kemaslahatan Indonesia. Karena itu ILUMI akan menjadi Ikatan Ukhuwah untuk seluruh potensi Alumi UMI di seluruh pelosok negeri demi kemaslahatan bangsa Indonesia”.

Baca Juga : Buka Rakor Pendidikan Kabupaten, Bupati Gowa Bahas Indikator Peningkatan SDM

“ILUMI ini untuk menyatukan semua alumni yang ada di Indonesia. Jadi kita merangkul dan menyatukan semua keinginan alumni-alumni yang ada dan tidak ada lagi kelompok-kelompok yang mengatakan ada perpecahan di UMI,” tegas salah satu pengurus ILUMI Richard M Nur, usai deklarasi, Rabu, (24/04/2024).

Richard yang juga Ketua IKA Fakultas Pertanian UMI Angkatan 91 mengungkapkan, tujuan dibentuknya ILUMI tersebut yakni untuk mendorong peran UMI agar ikut mendukung World Class University yang ditargetkan UMI.

“Kami harapkan sesama alumni untuk mendukung program pihak kampus menuju World Class University,” terangnya.

Baca Juga : Gerak Cepat, NasDem Luwu Dirikan Dapur Umum di Setiap Kecamatan untuk Korban Banjir

Setelah deklarasi pertama ILUMI ini kedepannya akan direncanakan program-program kerjasama dengan pihak UMI. Program ini juga akan disinergikan dengan berbagai pihak yang dapat mendukung terwujudnya UMI sebagai World Class University.

“Dalam deklarasi ini kami telah berkoordinasi dengan rektorat dan setelah ini kami akan bertemu dengan pihak rektorat untuk membicarakan agenda lanjutan kami yaitu musyawarah nasional (Munas),” kata Richard.

Kedepannya, Ikatan Alumni UMI ini akan mengakomodir semua alumni UMI yang ada. Baik di seluruh daerah di Indonesia, hingga diberbagai negara.

Baca Juga : ARA Pastikan Maju di Pilwalkot Makassar, Kini Fokus Cukupkan Koalisi Parpol

Pengurus ILUMI lainnya Sultani mengungkapkan, deklarasi UMI tersebut telah digagas sejak jauh-jauh hari dalam rangka untuk lebih memperkuat ukhuwah Islamiyyah dengan sesama alumni. Dimana untuk berkontribusi memberikan sumbangsih pemikiran paling tidak kepada UMI.

“Minimal berharap kita berkontribusi dengan pemerintah daerah dan lebih khusus pemerintah pusat,” kata Dosen Fakultas Hukum UMI ini.

Sementara, untuk persiapan Musyawarah Nasional (Munas) pihaknya terlebih dahulu akan melakukan audiensi dengan pihak rektorat.

Baca Juga : Adnan-Kio Beri Semangat Kontingen Gowa di Pembukaan MTQ Tingkat Sulsel

“Sebelum kami Munas kami ingin menyampaikan dulu terkait keberadaan ILUMI ini, kemudian setelah itu kita akan bentuk panitia Munas dan mudah-mudahan dalam waktu tidak terlalu lama kegiatan ini bisa kita segera selenggarakan,” ujarnya.

Dalam Munas ILUMI tersebut nantinya akan dibahas program-program kerja yang bisa disinergikan dengan pemerintah daerah dan pemerintah pusat, hingga program jangka pendek dan jangka panjang. Termasuk membahas Anggaran Dasar (AD), dan Anggaran Rumah Tangga (ART), danProgram jangka pendek hingga jangka panjang.

“Termasuk pembentukan ketua, dan jajaran pengurus lainnya. Di Munas ini kita harapkan semua alumni yang ada di Indonesia bahkan perwakilan luar negeri,” tutupnya.

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi.republiknews1@gmail.com atau Whatsapp +62 813-455-28646