0%
logo header
Minggu, 09 Juni 2024 15:26

Aksi Peduli Lingkungan, Erna Rasyid Taufan dan Komunitas Pacekke Bersih-bersih Pantai Lumpue

Mulyadi Ma'ruf
Editor : Mulyadi Ma'ruf
Aksi Peduli Lingkungan, Erna Rasyid Taufan dan Komunitas Pacekke Bersih-bersih Pantai Lumpue

REPUBLIKNEWS.CO.ID, PAREPARE — Komunitas Pacekke kembali menunjukkan komitmennya dalam merawat dan melestarikan lingkungan.

Pada momentum peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, komunitas yang bergerak dalam kegiatan sosial ini menggelar aksi bersih-bersih di kawasan wisata Pantai Lumpue, Parepare, pada Minggu, 9 Juni 2024.

Menariknya, Bakal Calon Wali Kota Parepare, Erna Rasyid Taufan (ERAT), turut serta dalam aksi bersih-bersih tersebut, bersama dengan anggota Komunitas Pacekke, menelusuri pasir pantai.

Baca Juga : HSL Resmi Dukung Tasming Hamid sebagai Calon Wali Kota Parepare

“Kami mengapresiasi aksi nyata anggota Komunitas Pacekke yang peduli terhadap pelestarian alam dan lingkungan, khususnya di pantai yang menjadi salah satu spot wisata bahari ramai dikunjungi masyarakat,” ujar Ketua Golkar Parepare ini.

Erna Rasyid Taufan berharap aksi bersih-bersih seperti ini dapat menjadi program rutin Komunitas Pacekke untuk menciptakan lingkungan yang asri dan nyaman.

“Memanfaatkan momentum Hari Lingkungan Hidup Sedunia, kami turun bersama-sama, berkolaborasi dan bergotong royong membersihkan sampah di Pantai Lumpue. Hal ini untuk menciptakan rasa nyaman bagi pengunjung yang berakhir pekan di objek wisata dengan suasana pantai, sekaligus menjaga kelestarian biota laut di pesisir pantai Lumpue,” ungkap ERAT.

Baca Juga : Tasming Hamid Serius Gaet Dukungan Partai Gelora untuk Pilkada Parepare

Saat menyusuri pantai bersama anggota Komunitas Pacekke, Erna Rasyid Taufan mendapati banyak rumput laut berserakan di pasir. Ia menyarankan bahwa rumput laut ini bisa diolah agar memiliki nilai ekonomis.

“Rumput laut ini bisa diawetkan untuk dijadikan hiasan perabot rumah tangga. Tapi, untuk sekarang, kita fokus pada aksi bersih-bersih untuk menciptakan suasana nyaman bagi pengunjung Pantai Lumpue,” ujarnya.

Ia juga menambahkan bahwa ramainya pengunjung di Pantai Lumpue dapat menggerakkan roda perekonomian warga sekitar.

Baca Juga : Ketua DPD Gelora Parepare, Asy’ari Abdullah: Penentu Usungan Pilkada Ada pada Kami

“Kami melihat banyak warga yang berjualan di sekitar pantai. Ini tentu harus dikembangkan untuk menjaga keberlanjutan perekonomian warga sekitar secara mandiri,” harap ERAT.

Sementara itu, salah seorang perwakilan Komunitas Pacekke, M. Iqbal, menyampaikan terima kasih kepada Bacalon Wali Kota Parepare Erna Rasyid Taufan yang turut hadir dalam gerakan sosial bersih-bersih Pantai Lumpue.

“Ibu Erna tidak hanya hadir di lokasi, tapi beliau juga terjun langsung memungut sampah dan memasukkannya ke kantong-kantong sampah yang telah disiapkan,” ungkap Iqbal.

Baca Juga : Hermanto Dapat Restu Tokoh Masyarakat Parepare untuk Maju Pilkada

Iqbal memuji kepedulian ERAT yang dikenal peduli dalam merawat dan menjaga kelestarian alam dan lingkungan.

“Kami yakin, program-program pelestarian lingkungan yang akan menjadi program ke depan beliau bisa berjalan dengan baik. Kami, dari Komunitas Pacekke, siap mendukung dan mensupport beliau,” kata Iqbal.

Iqbal menambahkan bahwa gerakan sosial aksi bersih-bersih yang dilakukan oleh Komunitas Pacekke tidak hanya pada bersih-bersih masjid, tetapi juga mencakup potensi-potensi pelestarian lingkungan dan perawatan alam.

Baca Juga : Hermanto Dapat Restu Tokoh Masyarakat Parepare untuk Maju Pilkada

“Fokus aksi bersih-bersih di Pantai Lumpue adalah sampah yang sulit terurai, seperti sampah plastik bekas gelas dan botol air mineral. Kami mengumpulkannya dan memasukkannya ke kantong sampah,” pungkas Iqbal. (*)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi.republiknews1@gmail.com atau Whatsapp +62 813-455-28646