0%
logo header
Senin, 03 Juni 2024 13:06

Amran Sulaiman Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Tengah Persawahan Merauke

M. Imran Syam
Editor : M. Imran Syam
Peringatan Hari Lahir Pancasila dipimpin Mentan RI Andi Amran Sulaiman di Areal Persawahan, Distrik Tanah Miring, Kabupaten Merauke, Papua Selatan. (Foto: Hendrik Resi / republiknews.co.id)
Peringatan Hari Lahir Pancasila dipimpin Mentan RI Andi Amran Sulaiman di Areal Persawahan, Distrik Tanah Miring, Kabupaten Merauke, Papua Selatan. (Foto: Hendrik Resi / republiknews.co.id)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MERAUKE — Menteri Pertanian Republik Indonesia Andi Amran Sulaiman memimpin upacara peringatan Hari Lahir Pancasila ke-79 yang digelar di tengah areal persawahan di Kampung Sumber Harapan SP-3 Distrik Tanah Miring Kabupaten Merauke, Papua Selatan, Sabtu (01/06/2024).
Peringatan Hari Lahir Pancasila yang diperingati di area sawah itu dihadiri oleh petani, penyuluh, masyarakat sekitar serta unsur TNI, Polri dan Pemerintah Provinsi Papua Selatan maupun Pemerintah Kabupaten Merauke.

Dalam momen tersebut, Mentan Andi Amran Sulaiman mengatakan, Hari Lahir Pancasila yang diperingati di areal persawahan menjadi momen bersejarah yang membuktikan keseriusan pemerintah pusat untuk membangun pertanian di ujung timur Indonesia, Kabupaten Merauke Papua Selatan.

“Selamat Hari Lahir Pancasila. Hari ini kita rayakan dari Merauke, ujung timur Indonesia. Ini adalah bukti keseriusan kita dalam menjadikan Merauke sebagai lumbung pangan Indonesia. Ini adalah momentum terbaik untuk membangun pertanian di Merauke,” ujar Mentan Amran usai upacara Hari Lahir Pancasila.

Baca Juga : KPU Kabupaten se-Papua Selatan Diingatkan Tertib Administrasi Pengelolaan Dana Pilkada 2024

Andi Amran Sulaiman menegastkan, pembangunan pertanian di Merauke harus mengutamakan kesejahteraan dan keadilan dengan mengusung konsep transformasi pertanian modern, dimana Kabupaten Merauke berpotensi menjadi lumbung pangan nasional.

“Kita mengedepankan kesejahteraan dan keadilan. Itulah makna Hari Lahir Pancasila yakni kesejahteraan dan keadilan. Kita memberikan bantuan yang sama seperti di tempat lain,” ucap Amran Sulaiman.

Diwaktu sebelumnya, Mentan Amran Sulaiman mengirimkan sejumlah bantuan sarana dan prasarana produksi pertanian di Merauke, termasuk alat mesin pertanian (alsintan) dan benih unggul.

Baca Juga : KPU Papua Selatan Minta Peran Media Massa Sukseskan Pilkada 2024

Menteri menyebutkan bantuan alsintan bertujuan mendukung produksi padi petani di Merauke, dengan target perluasan lahan pertanian dari 40.000 hektare menjadi 1.000.000 hektare.

“Saat ini kita mulai dengan 40.000 hektar dan akan dikembangkan menjadi 1.000.000 hektar. Jika tercapai, kita bisa menghasilkan 15.000.000 ton gabah atau sekitar 8.000.000 ton padi. Ini bisa menjadi cadangan pangan kita. Ini bukti keseriusan kami, dalam satu bulan ini saya sudah 3 kali ke Merauke,” sebut pria berdarah Sulawesi ini.

Dunia pertanian, kata Menteri, merupakan sektor vital atau penting dari perekonomian suatu bangsa. Jika pertanian bermasalah, negara bisa bermasalah. Dia memberikan apresiasi kepada semua  pihak yang mendedikasikan diri untuk bersama membangun sektor pertanian di Merauke sebagai lumbung pangan.

Baca Juga : KH.Mohammad Arifin Resmi Pimpin MP3I Papua Selatan

“Kami berterima kasih kepada teman-teman TNI, Polri, seluruh masyarakat, Pemprov, Pemkab, semua yang terlibat. Luar biasa Pak Pangdam, Pak Danrem, Dandim, Kapolres, Kapolda, semuanya ikut terlibat di lapangan,” tutupnya. (*)

Penulis : Hendrik Resi
Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi.republiknews1@gmail.com atau Whatsapp +62 813-455-28646