0%
logo header
Selasa, 17 Oktober 2023 15:55

Anggota TNI-Polri Berhasil Amankan KPU Selayar Dari Amukan Massa

Mulyadi Ma'ruf
Editor : Mulyadi Ma'ruf
Anggota TNI-Polri Berhasil Amankan KPU Selayar Dari Amukan Massa

REPUBLIKNEWS.CO.ID, KEPULAUAN SELAYAR — Ratusan Massa yang menamakan diri Aliansi Peduli Demokrasi, melakukan aksi unjuk rasa (Unras) di Kantor KPU Kepulauan Selayar Jalan Ahmad Yani Kota Benteng. Massa Unras menilai KPU tidak becus dalam menjalankan tugasnya sebagai penyelenggara Pemilu.

Awalnya aksi Unras terpantau berjalan aman dan damai, namun setelah 3 perwakilan Massa yang melakukan audiensi dengan komisioner KPU mengaku kecewa, karena mendapatkan jawaban yang tidak memuaskan. Akhirnya jumlah massa makin bertambah banyak dan melakukan aksi anarkis dengan melakukan pembakaran, pelemparan, sambil berusaha menerobos paksa ke arah personil Kepolisian yang melakukan pengamanan.

Melihat adanya aksi pembakaran yang dinilai sangat berbahaya karena tidak jauh dari Kantor KPU terdapat POM Bensin, Pasukan Dalmas kemudian menurunkan pasukan taktis dibantu Pemadam Kebakaran, yang kemudian berhasil memadamkan api dan memukul mundur Massa.

Baca Juga : KPU Umumkan 25 Caleg DPRD Selayar Terpilih Periode 2024-2029

Meskipun demikian hal tersebut tidak berlangsung lama, massa kembali datang dan melakukan pelemparan. Melihat hal tersebut atas perintah Danki (Perwira Penanggung Jawab Lapangan) memerintahkan melakukan penembakan Gas Air mata setelah sebelumnya peringatannya tidak diindahkan massa.

Tembakan gas air mata ke kantong-kantong massa berhasil melerai kerumunan dan memecah konsentrasi massa, kondisi ini diperkuat dengan Pasukan Dalmas menurunkan Patmor (Pasukan pencerai berai) yang melakukan pengejaran terhadap massa yang mulai bertindak anarkis. Akhirnya situasi kemudian  mulai dapat dikendalikan dan Massa sudah tidak lagi kelihatan, beberapa diantaranya diamankan karena diduga melakukan penghasutan dan provokatif.

Hal tersebut hanya merupakan bagian dari Skenario Simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota)  dalam rangka Pengamanan Pemilu 2024, yang digelar Polres Kepulauan Selayar di Depan Kantor KPU, hari ini Senin (16/10/2023).

Baca Juga : Beda Pilihan Tetap Jalin Silaturahmi, KPU Selayar Gelar Diskusi Politik dan Nobar Debat Capres di Warkop

Kegiatan Sispamkota ini dibuka langsung oleh Kapolres Kepulauan Selayar AKBP Ujang Darmawan Hadi Saputra, dan dihadiri Bupati yang diwakili oleh Asisten 1 Pemerintahan M. Yunan Krg Tompobulu, Dandim 1415 Selayar Letkol Inf. Nanang Agung Wibowo, Wakil Ketua DPRD Andi Idris, Ketua KPU Andi Dewantara dan Para Komisioner, Ketua Bawaslu Nurul Badriyah, Para Kasubbag dan staf KPU, Lurah se Kota Benteng dan Undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Kapolres menyampaikan bahwa Sispamkota tersebut merupakan gambaran kemungkinan yang dapat terjadi pada Pemilu 2024 mendatang, serta juga merupakan gambaran kesiapan dan kemampuan Polres Kepulauan Selayar, dalam melakukan Pengamanan.

“Sispamkota ini juga melibatkan Unsur TNI dan Pemkab, yang berarti bahwa Polres Kepulauan Selayar akan menjalin kerjasama dengan Kodim 1415 Selayar dan Pemerintah di seluruh lapisan, serta dengan  sarana dn prasarana yang ada untuk mengamankan Pemilu 2024 mendatang. Saya harap Simulasi ini tidak hanya sekedar latihan, tetapi juga menjadi motivasi untuk kita dapat bersama menciptakan Pemilu 2024 yang aman, lancar dan damai” kata Kapolres.

Baca Juga : Gudang KPU Selayar Terendam Banjir, Logistik Pemilu 2024 Rusak

Simulasi Sispamkota yang digelar Polres Kepulauan Selayar mendapatkan apresiasi dan dinilai telah mampu menunjukkan kemampuan penanggulangan massa.

“Melihat Simulasi Sispamkota sebagaimana yang diperagakan tadi, Insha Allah kami yakin Polres Kepulauan Selayar, bersama Kodim 1415 dan dukungan Pemerintah serta seluruh komponen, akan dapat mengamankan jalannya seluruh Tahapan Pemilu 2024 mendatang” kata Ketua KPU Andi Dewantara, usai menyaksikan langsung jalannya Simulasi, Senin (16/10/2023). (*)

Penulis : Andi Rusman
Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi.republiknews1@gmail.com atau Whatsapp +62 813-455-28646